Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



ANALISIS KUALITAS LAYANAN KESEHATAN PASIEN RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE CUS…

SYIFA URRAHMI

Layanan kesehatan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memelihara, memulihkan atau meningkatkan kesehatan seseorang atau masyarakat. Salah satu layanan Kesehatan dasar adalah puskesmas. Salah satunya adalah Puskesmas Ulee Kareng yang berada di Kota Banda Aceh yang masih menghadapi berbagai tantangan dalam menjaga kualitas layanan, berdasarkan hasil observasi mengenai kepuasan pasien, ditemukan bahwa banyak pasien mengeluhkan waktu tunggu selama 15 sampai 20 menit akibat sistem pendaftar…

ANALISIS GAYA KOMUNIKASI ORANG TUA DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING DI GAMPONG…

Ade Afra Helma

Salah satu masalah gizi yang menjadi perhatian utama di Indonesia saat ini adalah tingginya tingkat gizi buruk atau stunting. Stunting bukan hanya menjadi masalah pertumbuhan fisik, tetapi juga dapat membuat anak lebih mudah terserang penyakit. Gaya komunikasi ayah dan ibu dalam pengasuhan anak memiliki pengaruh terhadap pencegahan stunting, menggunakan komunikasi interpersonal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya komunikasi apa saja yang dapat dilakukan ayah dan ibu dalam upaya m…

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Ilmu Komunikasi, Banda Aceh - 2025
  • Baca Selengkapnya

ANALISIS PENGETAHUAN PERAWAT DAN MANAJEMEN PASIEN PADA FASE RESPON BENCANA DI…

RIDHA FITRIA

Disaster nursing memerlukan kompetensi efektif dari perawat sebagai garda terdepan saat terjadi bencana. Kompetensi yang harus dimiliki perawat pada fase respon bencana adalah pengetahuan dan manajemen pasien. Pengetahuan adalah kemampuan perawat memahami peran perawat pada fase respon bencana. Manajemen pasien adalah kemampuan perawat dalam memberikan intervensi pada fase respon bencana. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengetahuan perawat dan manajemen pasien pada fase respon …

EVALUASI TRIAGEE DECISION MAKING PERAWAT PADA FASE RESPON BENCANA DI RUMAH SA…

HILMA SYAKIRAH

Triage decision making adalah salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh perawat pada fase respon bencana. Pengambilan keputusan triase yang efektif sangat mempengaruhi penanganan korban bencana secara tepat dan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan triage decision making perawat pada Rumah Sakit Umum Meuraxa (RSUM) dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) sejumlah 6…

GAMBARAN MANAJEMEN KONFLIK PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH H. SAHUDIN…

Rahmah Adilah

Konflik adalah masalah utama dalam lingkungan kerja keperawatan, terutama dengan meningkatnya tuntutan layanan kesehatan yang dapat memicu potensi konflik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi manajemen konflik dominan yang digunakan oleh perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Studi Cross-Sectional, ukuran sampel ditentukan dengan rumus Slovin (e = 5%, N = 193) sehingga totalnya adalah 131 p…

PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI KERJA PARAMEDIS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN K…

Cut Andraina Yasmina

Pelayanan kesehatan di rumah sakit merupakan bentuk pelayanan yangdiberikan kepada klien oleh suatu tim multi disiplin termasuk tim paramedis yang ada di rumah sakit Tim paramedis merupakan anggota tim kesehatan garda depan yang menghadapi masalah pelayanan kesehatan para pasien selama 24 jam secara terus menerus Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan danMotivasi kerja Paramedis terhadap kualitas pelayanan kesehatan Rumah Sakit TgkFakinah Banda Aceh dan berapa besar …

KOMUNIKASI KESEHATAN PETUGAS PUSKESMAS TELUK DALAM DALAM PENCEGAHAN STUNTING …

Titin Tri Nurtami

Komunikasi kesehatan petugas Puskesmas Teluk Dalam ini bermaksud untuk menganalisis pencegahan stunting pada anak balita di kecamatan Teluk Dalam kabupaten Simeulue. Petugas puskesmas berperan penting dalam memberikan informasi kesehatan kepada masyarakat terutama kepada orangtua mengenai pencegahan stunting kepada anak balita. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana komunikassi kesehatan yang dilakukan petugas Puskesmas Teluk Dalam dalam pencegahan stunting kepada anak balita (bay…

ANALISIS DETERMINAN DEMAND LAYANAN POLIKLINIK DI RUMAH SAKIT PMI ACEH UTARA

Rijalul Fikri

PROGRAM STUDI MAGISTER KESEHATAN MASYARAKAT FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA Tesis, Juni 2024 Rijalul Fikri Analisis Determinan Demand Layanan Poliklinik Di Rumah Sakit PMI Aceh Utara 83 Halaman + 41 Tabel + Lampiran ABSTRAK Latar Belakang: Pemanfaatan layanan kesehatan di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia Aceh Utara khususnya pada layanan poliklinik dokter spesialis terlihat masih sangat rendah. Dalam membuat penilaian pada demand masyarakat terhadap layanan kesehatan, a…

PERBEDAAN BEBAN KERJA MENTAL PERAWAT DI RUANG RAWAT INTENSIF DAN NON INTENSIF…

Ema Sartiva

Tingginya tuntutan dari masyarakat akan pelayanan keperawatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui asuhan keperawatan, secara tidak disadari dapat menimbulkan tingginya beban kerja mental bagi perawat. Beban kerja mental yang dirasakan perawat tentunya akan berbeda pada tiap ruangan, baik pada ruang perawatan intensif dan non intensif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan beban kerja mental perawat di ruang rawat intensif dan non intensif RSUD Meuraxa Ban…

DETERMINAN PELAKSANAAN PENDOKUMENTASIAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT JIW…

Ramadhansyah Purnomo Iswa

Pendokumentasi asuhan keperawatan berupa sebuah bukti melakukan kegiatan dan laporan perawat selama memberikan asuhan keperawatan serta memfasilitasi pemberian pelayanan kepada pasien, perawat, maupun tim layanan kesehatan berdasarkan komunikasi tertulis yang akurat dan lengkap mengenai tanggung jawab perawat. Pendokumentasian asuhan keperawatan berguna mendokumentasikan kebutuhan, merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi tindakan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif p…




    SERVICES DESK