Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PEMANFAATAN MULTIMEDIA OLEH MAHASISWA PBI FKIP USK DALAM PEMBELAJARAN

RAHMA DWI NOPIYANTI.S

ABSTRAK Rahma Dwi Nopiyanti.S (2024). Pemanfaatan Multimedia oleh Mahasiswa PBI FKIP USK dalam Pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui multimedia yang digunakan oleh mahasiswa PBI FKIP USK, intensitasnya dan dampak multimedia dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa PBI FKIP USK angkatan 2021 yang berjumlah 106 mahasiswa dengan menga…

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI FUNG…

Amna Sri Rizeky

Ketidaktuntasan dalam belajar merupakan masalah yang sering dialami oleh siswa, sehingga diperlukan kegiatan remedial. Pelaksanaan remedial masih belum sejalan dengan program remedial yang sebenarnya. Oleh karena itu dibutuhkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa video remedial berbasis e-learning pada materi fungsi yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan model Plomp ya…

PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TEKNOLOGI, E…

Yuliatul Aksa

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan mengetahui kelayakan E-modul flipbook Berbasis Pendekatan STEM (Science, Teknologi, Engeneering and Mathematics) Dalam Pembelajaran Fisika Materi Energi Terbarukan. Prosedur pengembangan dan penelitian menggunakan model ADDIE sampai tahap ADD, yang terdiri dari tahap, analysis (analisis), design (perancangan), dan development (pengembangan). Tahap development (…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TE…

Maftuh Amin

Proses pembelajaran akan optimal apabila pendidik mampu merencanakan pelaksanaan pembelajaran, menyampaikan materi sampai mengadakan evaluasi. Selain pendidik, hasil belajar yang baik bergantung pada partisipasi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas X MAN 4 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Wr…

THE IMPLEMENTATION OF NON VISUAL DESKTOP ACCESS SCREEN READER AS A LEARNING M…

Muhammad Saidinas

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1…

Novira Shela Riska

Pembelajaran online mulai umum dilaksanakan karena pandemi Covid-19, yakni dengan menggunakan media sosial, salah satunya WhatsApp. WhatsApp telah digunakan oleh beberapa peneliti untuk melihat keefektifannya sebagai media penyampaian materi pembelajaran, pengaruhnya terhadap minat belajar, proses belajar, keaktifan siswa dalam pembelajaran online, waktu belajar, konsentrasi belajar dan perilaku menunda pekerjaan rumah. Namun penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh WhatsApp terhad…

PENGEMBANGAN MEDIA MARBLE MAZE UNTUK MELATIH KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK U…

Wahyuni Arfah

ABSTRAK Wahyuni Arfah (2024). Pengembangan Media Marble Maze untuk Melatih Kemampuan Problem Solving Anak Usia Dini di PAUD Bungong Tanjonng Aceh Besar Media sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran untuk melatih kemampuan problem solving pada anak usia dini. Saat ini keterbatasan media pembelajaran dalam melatih kemampuan problem solving anak usia 4-5 tahun., sehingga perlu untuk dikembangkan sebuah media Marble Maze. Penelitia…

PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA KONTEKS BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DA…

Dani Farhan

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi hasil belajar dan motivasi siswa. Media pembelajaran yang disajikan sebaiknya memuat konteks yang dekat dengan dunia siswa salah satunya konteks budaya. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu komik digital (e-comic) matematika konteks budaya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik e-comic matematika kontek…

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGA…

Rini Rizkini Yusuf

Rini Rizkini Yusuf (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning dengan Konteks Obat herbal Pembelajaran tentang obat herbal di sekolah saat ini masih kurang dan peserta didik hanya memperoleh pengetahuan secara turun temurun dari leluhurnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Project Based Learning dengan konteks obat herbal yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang …

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA COUPLE…

Faudhan Adhima

ABSTRAK Faudhan Adhima (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Couple Card (CORD) Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Kelas X IPS MAN 2 Bireuen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model scramble berbantuan media couple card pada pembelajaran sejarah di kelas X IPS MAN 2 Bireuen dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas X IPS MAN 2 Bireuen dengan penerapan model pembelajaran Scramble berbantuan media Couple card (CORD) pa…




    SERVICES DESK