Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP INSHAFUDDIN MENULIS PUISI BERDASARKAN LIRI…

Wahyuni

Penelitian ini berjudul "Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Menulis Puisi Berdasarkan Lirik Lagu." Lirik lagu diperdengarkan sebagai stimulus awal sebelum siswa menulis puisi. Lingkup penelitian ini meliputi tema yang dihasilkan siswa dalam puisi bebas sesuai dengan lirik lagu yang diperdengarkan. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas VII SMP Inshafuddin menulis puisi berdasarkan lirik lagu. Tujuan penel…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP H…

Safdali

Abstrak Safdali (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dengan Media Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Reproduksi di SMAN 1 Indrapuri. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd. dan Yaumil Istiqlal M. Nur, S.Pd.I., M.Pd. Rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi merupakan hal yang harus diperbaiki karena berdampak terhadap hasil akhir pembelajaran biologi. Salah satu model dan media pembelajaran ya…

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASI…

Anggun Srynanda

Anggun Srynanda (2023). Implementasi Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Menggunakan Media Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di SMP Negeri 13 Banda Aceh. Salah satu model pembelajaran yang dapat guru implementasikan sebagai alternatif agar meningkatkan kreativitas siswa adalah model Mind Mapping. Mind Mapping merupakan teknik penyusunan catatan kreatif dengan menggunakan gambar, simbol, bentuk, dan warna yang beragam yang dapat membantu siswa dalam men…

  • Fakultas KIP Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Banda Aceh - 2023
  • Baca Selengkapnya

PENGARUH PENGGUNAAN GAME BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA …

HILMAWATI

Pada proses pembelajaran materi Pancasila kegiatan masih terfokuskan pada buku dan hafalan tanpa adanya media pembelajaran interaktif yang dapat menunjang proses pembelajaran. Hal tersebut membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan yang berdampak pada hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih berada dibawah standar ketuntasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan game berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi pancasila sebagai nilai kehidup…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) PADA MA…

Nanda Safhira

Nanda Safhira. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence (AI) Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Ibu Kana Puspita, S.Pd., M.Si.P dan Ibu Dra. Erlidawati, M.Si. Seiring perkembangan teknologi, slide presentasi yang umumnya dikerjakan secara manual kini dapat dikerjakan dengan bantuan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada aplikasi Gamma App. Penelitian ini bertujuan untuk meng…

PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL DESAIN RAGAM HIAS ACEH M…

Annisa Dian Shafira

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah cara belajar dan mengakses informasi, khususnya dalam pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Teknologi memberikan peluang baru dalam dunia pendidikan, mendorong penerapan inovasi yang dapat meningkatkan efisiensi pembelajaran. Salah satu yang memanfaatkan teknologi ini adalah bidang desain, termasuk desain ragam hias Aceh dalam mata kuliah Desain Busana Khusus. Selama ini, mahasiswa masih menggunakan metode desain manual yang memakan …

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI HIDROLISIS G…

Khairan Faradilla

ABSTRAK Khairan Faradilla. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Dra. Latifah Hanum, M.Si dan Dr. Rahmad Rizki Fazli, S.Pd., M.Si Media pembelajaran memiliki peran penting dalam proses pendidikan karena tidak hanya mempermudah peserta didik dalam memahami materi, tetapi juga meningkatkan partisipasi aktif dan mengatasi kejenuhan selama pembelajaran. Namun, dalam praktiknya, pembela…

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI FLASH BERBASIS EMBEDDED TES…

Intan Rahmadani

Penelitian ini mengangkat masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran animasi flash berbasis embedded test terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di SMA Insan Madani Meukek. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan design one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah…

THE USE OF YOUTUBE MEDIA THROUGH SMALL GROUP DISCUSSION TO IMPROVE STUDENTSâ…

DARA REUZEKI

Berbicara merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh semua pembelajar, khususnya pembelajar bahasa Inggris. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan menggunakan media YouTube melalui diskusi kelompok kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media YouTube melalui diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam hal kefasihan, tata bahasa, kosa kata, pemahaman, dan pengucapan dalam pembelajaran bahasa I…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MED…

Putri Asrah

Putri Asrah. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Flip Chart Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS di SMAN 1 Lhoong. Dibawah bimbingan Drs. Mawardi, M.Hum., M.A. dan Muhammad Haikal, S.Pd., M.Pd Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah rendahnya prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat besarnya pengaruh model TSTS berbantuan Media Flip Chart terhadap prestasi b…




    SERVICES DESK