PENERAPAN MODEL TGT BERBASIS MEDIA PAPAN MUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS II SDN 27 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL TGT BERBASIS MEDIA PAPAN MUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS II SDN 27 BANDA ACEH


Pengarang

REJEKI AMALIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Fauzi - 195904091986031012 - Dosen Pembimbing I
Soedirman Z - 195806051987031004 - Dosen Pembimbing II
M. Yamin - 195912311985031025 - Penguji
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1906104040054

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2023

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pada hakikatnya matematika bersifat abstrak sementara siswa SD secara
ilmiah berfikir secara konkrit. Hal ini menjadikan pembelajaran matematika di
sekolah sangat rentan terjadi kesulitan sehingga membuat siswa menjadi bosan dan
jenuh. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan model dan media
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, model dan media
pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik anak. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa
dalam proses pembelajaran melalui penerapan model TGT berbasis media papan
musi dalam pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian di kelas II B.
Subjek penelitian adalah siswa kelas II B SDN 27 Banda Aceh yang berjumlah 29
orang, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini
menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4
tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan
dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar dan angket
respon siswa. Dari hasil analisis di dapatkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata yang
diperoleh siswa sebesar 83,44 dan siswa yang tuntas dalam proses pembelajaran
sebanyak 19 siswa (65,52%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 10 siswa
(34,48%). Pada siklus II nilai rata-rata siswa yang diperoleh sebesar 85,86 dan siswa
yang tuntas sebanyak 23 siswa (79,32%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 6
siswa (20,68%). Pada siklus III rata-rata siswa tercapai sebesar 91,72 dan siswa yang
tuntas sebanyak 28 siswa (96,55%) dan siswa yang tidak tuntas 1 siswa (3,45%).
Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus III. Hal ini
dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,4, pada siklus
II diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,7 dan pada siklus III meningkat menjadi 3,9.
Pada respon siswa memperoleh nilai sebesar 97% dalam kategori tinggi.

In essence, mathematics is abstract while elementary students scientifically think concretely. This makes learning mathematics at school very prone to difficulties so that it makes students bored and bored. One solution is to provide interesting and fun learning models and media. In addition, learning models and media must be adapted to the characteristics of the child. The purpose of this study was to determine student learning activities, student learning outcomes and student responses in the learning process through the application of the TGT model based on musi board media in learning mathematics on multiplication and division material in class II B. The research subjects were students of class II B SDN 27 Banda Aceh, totaling 29 people, consisting of 16 male students and 13 female students. This study used 3 cycles of classroom action research. Each cycle consists of 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. Data was collected using student activity observation sheets, learning achievement tests and student response questionnaires. From the analysis results, it can be seen that the average score of the students in the first cycle was 83.44, 19 students (65.52%) completed the learning process, and 10 students (34.48%) completed the learning process. In the second cycle, the students' average grade was 85.86, with 23 students (79.32%) completing and 6 students (20.68%) completing. In cycle III the average student achievement was 91.72 and students who completed were 28 students (96.55%) and students who did not complete 1 student (3.45%). Student activity has increased from cycle I to cycle III. This can be seen from the average score in cycle I which was obtained at 3.4, in cycle II the average value was obtained at 3.7 and in cycle III it increased to 3.9. In student responses, scores of 97% were in the high category.

Citation



    SERVICES DESK