Abstrak rahmiati. 2018. (mengembangkan kecerdasan naturalistik anak usia dini melalui penerapan metode proyek di paud ananda riski kabupaten aceh besar). skripsi, program studi pendidikan anak usia dini, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) dr. israwati, m.si (2) rahmi, s.pd.i, m.ed kata kunci: kecerdasan naturalistik, metode proyek, anak usia dini penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak melalui penerapan metode proyek pada anak usia 4-5 tahun di paud ananda riski aceh besar dengan masalah apakah kecerdasan naturalis dapat ditingkatkan melalui penerapan metode proyek. penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di paud ananda riski berjumlah 10 orang anak, terdiri dari 5 anak perempuan dan 5 anak lelaki. variabel penelitian ini adalah kecerdasan naturalis anak. pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan unjuk kerja. teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan naturalistik anak dapat meningkat setelah diberi tindakan. adapun tindakan yang diberikan adalah kegiatan menanam dan merawat tanaman bayam melalui penerapan metode proyek. pada pertemuan pertama untuk kriteria bsh (berkembang sesuai harapan) sebanyak 5 anak, kriteria mb (mulai berkembang) sebanyak 3 anak dan kriteria bb (belum berkembang) sebanyak 2 anak. pertemuan kedua untuk kriteria bsb (berkembang sangat baik) sebanyak 5 anak, kriteria bsh (berkembang sesuai harapan) sebanyak 3 anak dan kriteria mb (mulai berkembang) sebanyak 2 anak. pertemuan ketiga untuk kriteria bsb (berkembang sangat baik) sebanyak 8 anak dan kriteria bsh (berkembang sesuai harapan) 2 anak. kecerdasan naturalistik anak usia 4 sampai 5 tahun mengalami perkembangan melalui penerapan metode proyek.
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
MENGEMBANGKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK DI PAUD ANANDA RISKI KABUPATEN ACEH BESAR. Banda Aceh Fakultas KIP,2021
Baca Juga : MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL SOM-SOM ANEUK DI PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Misna Hanum, 2018)
Abstract
ABSTRAK Rahmiati. 2018. (Developing Early Childhood Naturalistic Intelligence through Application of Project Methods in Ananda Riski PAUD Aceh Besar District). Skripsi, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Israwati, M.Si (2) Rahmi, S.Pd.I, M.Ed Keywords: Naturalistic intelligence, project methods, early childhood This study aims to develop children's naturalist intelligence through the application of project methods to children aged 4-5 years in Ananda Riski Aceh Besar PAUD with the problem of whether naturalist intelligence can be improved through the application of project methods. This research is a type of descriptive research with a qualitative approach. The subjects of this study were children aged 4-5 years in Ananda Riski PAUD, totaling 10 children, consisting of 5 daughters and 5 sons. The variable of this research is the naturalist intelligence of children. data collection is done through observation and performance. The data analysis technique was carried out in a qualitative descriptive manner. The results showed that children's naturalistic intelligence can increase after being given action. The actions given are activities to plant and care for spinach plants through the application of project methods. At the first meeting for the criteria of BSH (Developing according to Expectations) as many as 5 children, criteria for MB (Starting to Develop) as many as 3 children and criteria for BB (Not Developing) as many as 2 children. The second meeting was for the criteria of BSB (Excellent Development) as many as 5 children, criteria for BSH (Developing according to Expectations) as many as 3 children and criteria for MB (Starting to Develop) as many as 2 children. The third meeting was for the criteria for BSB (Excellent Development) as many as 8 children and criteria for BSH (Developing as Expected) 2 children. Naturalistic intelligence of children aged 4 to 5 years develops through the application of project methods.