Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL
Sri Nurafifah, PEMBENTUKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI LAMPEUNEURUT ACEH BESAR. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2021

Abstrak nurafifah, sri. 2021. pembentukan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran ips pada peserta didik kelas v di sd negeri lampeuneurut aceh besar. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. m. husin, m.pd., (2) dr. drs. sulaiman, m.si. kata kunci: karakter, cinta tanah air, pembelajaran ips pembentukan karakter dapat dilaksanakan melalui proses kegiatan pembelajaran, pembentukan karakter yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah karakter cinta tanah air dalam pembelajaran ips. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembentukan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran ips pada peserta didik kelas v di sd negeri lampeuneurut aceh besar. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembentukan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran ips di sd negeri lampeuneurut aceh besar. penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik kelas vb sd negeri lampeuneurut aceh besar. teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/simpulan data. berdasarkan hasil analisis data, temuan dalam penelitian ini dapat di kemukakan sebagai berikut. guru menjelaskan materi ips dengan cara mengaitkan dengan nilai sosial dan moral serta guru menggunakan metode simulasi dan penugasan untuk membentuk karakter cinta tanah air. guru membimbing peserta didik untuk berkewajiban mengikuti aturan yang ada dan membiasakan peserta didik untuk cinta tanah air seperti tidak saling mengejek. guru dan peserta didik menggunakan bahasa indonesia dalam kegiatan belajar mengajar. simpulan dalam penelitian ini adalah proses pembentukan karakter cinta tanah air dalam pembelajaran ips di sd negeri lampeuneurut aceh besar berjalan dengan baik sesuai dengan tiga komponen karakter yang baik yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral action, sehingga karakter cinta tanah air pada peserta didik dapat terbentuk dalam proses pembelajaran ips.



Abstract



    SERVICES DESK