Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    NULL
Lindawati, HARGA AYAM POTONG DI PASAR LAMBARO KABUPATEN ACEH BESAR PASCA KENAIKAN BBM. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2020

Lindawati dengan judul skripsi "harga ayam potong di pasar lambaro kabupateo aceh besar pasca kenaikan bbm, dengan pembimbing utama bapak ir. mulizar, sh, m.si dan pembimbing kedua bapak dr. lr. sofyan, m. agric.sc permasalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat harga ayam potong di pasar lambaro pasca kenaikan harga bbm pada masing- masing lembaga pemasaran di pasar lambaro. upaya apa saja yang dilakukan oleh lembaga pemasaran untuk mengatasi tingginya harga jual ayam potong tersebut. bagaimana kondisi permintaan ayam potong pasca kenaikan harga bbm pada masing-masing lembaga pemasaran di pasar lambaro. penelitian ini dilakukan di pasar lambaro aceh besar. tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kenaikan harga ayam potong pasar lambaro pasca kenaikan harga bbm pada masing-masing lembaga pemasaran di pasar lambaro. untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh para lembaga pemasaran untuk mengatasi tingginya harga jual ayam potong tersebut. untuk mengetahui kondisi permintaan ayam potong pasca kenaikan harga bbm pada masing-masing lembaga pemasaran di pasar larnbaro. metode yang digunakan adalah metode survey. sedangkan metode pengambilan sample untuk produsen dan pedagang dilakukan dengan menggunakan metode snow ballkenaikan har ga ayam potong pad.a mas ing-masing lembaga sangat erat keterkaitann ya antara satu lembaga dengan lembaga lainn ya, dim ana penentu kenaikan harga ayam potong adalah petemak selaku produsen. kenaikan yang terjadi pad.a petemak rata-rata sebesar 32%-33% per kg, yaitu dari har ga rp.9.000 per kg menjadi rp.12.500 per kg. pada tingkat pedagang besar juga mengalami kenaikan sebesar 9% -- 12% yaitu dari rp.13.000 per kg menjadi rp.15.000 per kg. serta pada tingkat pedagang pengecer lebih besar dari 14%, yaitu rp.14.000 per kg menjadi rp. 16.500 per kg. adapun upaya yang dilakukan oleh para lembaga pemasaran dalam hal mengatasi tingginya harga jual ayam potong, untuk petemak mereka mencari alternatif mulai dari pakan, obat-obatan dan peralatan lain, sedangkan para pedagang baik pedagang besar maupun pedagang pengecer mereka memasok ayam potong sesuai dengan kebutuhan pasar. jika dilihat dari kondisi permintaan maka terjadi penurunan permintaan baik dari tingkat peternak, pedagang besar maupun pedagang pengecer akibat tingginya harga ayam potong.



Abstract



    SERVICES DESK