Abstrak kepuasan pasien adalah perbandingan antara harapan pasien dengan kenyataan yang dialami oleh pasien saat di rumah sakit. ruang rawat inap salah satu ruang di rumah sakit, yang digunakan sebagai tempat perawatan pasien. ruang rawat inap di rumah sakit umum daerah dr. zainoel abidin (rsudaza) banda aceh memiliki beberapa jenis ruang rawat inap, diantaranya: vip, kelas i, kelas ii, dan kelas iii, dengan setiap ruangnya memiliki kondisi yang berbeda. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat vip dan non vip, perbandingan tingkat kepuasan antara kelas i, kelas ii, dan kelas iii, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan di setiap jenis ruang rawat yang diteliti. jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain cross sectional. total sampel pada penelitian ini adalah 160 sampel, dari 36 sampel pasien vip, 36 sampel pasien kelas i, 36 sampel pasien kelas ii, dan 52 sampel pasien kelas iii. hasil penelitian didapatkan bahwa perbandingan tingkat kepuasan antara pasien vip dan non vip p-value < 0,05. sedangkan perbandingan antara pasien kelas i, kelas ii, dan kelas iii, p-value >0,05. faktor yang mempengaruhi di seluruh jenis ruang rawat inap adalah faktor kebersihan dan kelengkapan fasilitas kamar mandi dan toilet. kesimpulannya tingkat kepuasan antara pasien vip dan non vip berbeda. sedangkan perbandingan antara kelas i, kelas ii, kelas iii tidak memiliki perbedaan. kata kunci: kepuasan pasien, perbedaan tingkat kepuasan, ruang rawat inap, kualitas pelayanan
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2019
Baca Juga : ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN APOTEK DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Keumalasari, 2023)