Abstrak komunikasi yang dipakai dalam pelayanan kepada pasien di sebuah rumah sakit adalah hal yang sangat penting untuk kelangsungan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi apa yang dipakai dalam pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pasien di rumah sakit ibnu sina. tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yakni dengan menyajikan data dalam bentuk deskripsi berupa naratif, kata-kata, ungkapan, pendapat dan gagasan yang dikumpulkan oleh peneliti dari berbagai sumber. peneliti memperoleh data berdasarkan wawancara mendalam dengan para narasumber yang berkompeten menjawab rumusan masalah, dengan menggunakan teknik penarikan informan secara purposive dan melalui studi pustaka berdasarkan data-data yang terima dari staff rumah sakit ibnu sina serta beberapa pasien rumah sakit. hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dipakai dalam pelayanan untuk meningkatkan kepuasan pasien rumah sakit ibnu sina antara lain : strategi implementasi, strategi pendukung, serta strategi integrasi. adapun strategi tersebut mengacu pada strategi komunikasi yang diungkapkan oleh alo liliweri dalam bukunya strategi komunikasi masyarakat. kata kunci: strategi komunikasi, pelayanan rumah sakit, kepuasan pasien
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
NULL
STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RUMAH SAKIT IBNU SINA INDRAPURI. Banda Aceh Universitas Syiah Kuala,2019
Baca Juga : PERBEDAAN TINGKAT KEPUASAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2018 (CUT FASYA ZALISKA, 2019)