Samsulimi. 2016. penggunaan model pembelajaran problem based learning (pbl) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas xi man blangpidie. pembimbing 1 dr. cut nurmaliah, m.pd. pembimbing 2, dr. safrida, s.pd., m.si abstrak penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan motivasi, hasil belajar, dan hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia. penelitian ini dilakukan pada mei 2016 di man blangpidie, provinsi aceh. penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode eksperimen dan deskriptif dengan desain one group pretest- posttest design. subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas xi ipa man blangpidie yang berjumlah 120 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa. analisis data motivasi dilakukan dengan persentase angket arcs, hasil belajar dilakukan dengan tes pretes dan postes, dan hubungan antara motivasi dan hasil belajar dilakukan dengan rumus korelasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa t-hit = 14,61 > t-tabel = 1,99, hasil belajar yang dilakukan siswa mengalami peningkatan t-hit = 15,32 > t-tabel = 1,99, hubungan antara motivasi dan hasil belajar (r) sebesar 0,773, artinya motivasi dan hasil belajar memiliki hubungan yang saling mempengaruhi dalam semakin tinggi motivasi belajar maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa. kesimpulannya adalah penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas xi man blangpidie. kata kunci : problem based learning, motivasi, hasil belajar. samsulimi. 2016. used of learning model problem based learning (pbl) to improve student motivation and learning outcomes in humen digestive system concept class xi man blangpidie. advisor 1 dr. cut nurmaliah, m.pd., advisor 2 dr. safrida, s.pd., m.si. abstract this study was designed to use the learning model problem based learning in increasing motivation, learning outcomes, and the relationship between motivation and learning outcomes in the humen digestive system concept. this research was conducted in may 2016 at man blangpidie, aceh province. experimental methods and descriptive with pretest-posttest one group design was used in this research. this subject were students od grade xi man blangpidie totaled 120 students, the sample in this study was 40 students. analyzed was performed by percentage motivation arcs questionnaire between motivation and learning outcomes by the correlation. the result showed that an increase in student motivation t-hit = 14,61 > t-tab = 1,99, the results of the learning take student increase in student has t-hit = 15,32 > t-tab = 1,99, the relationship between motivation and learning outcomes (r) 0,773, that meaning motivation and learning outcomes have a relationship of mutual influence in the higher motivation to learn the higher learning outcomes. it was concluded that the used of problem based learning model can improve motivation and student learning outcomes in the human digestive sysytem concept class xi man blangpidie. keyword : problem based learning, motivation, learning outcomes.
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE. Banda Aceh Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala,2016
Baca Juga : PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LKPD KONSTRUKTIVISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA PADA KONSEP MAKANAN DAN SISTEM PENCERNAAN DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Meini, 2016)