Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Desy Alfiah Naim, Penggunaan Media oleh Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 6 Banda Aceh. Banda Aceh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,2013

Penelitian ini berjudul, “penggunaan media oleh guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma negeri 6 banda aceh.” tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan media serta (1) jenis penggunaan media apakah yang digunakan, (2) sumber media apakah yang digunakan oleh guru, (3) bagaimanakah keterlibatan siswa dengan guru. (4) bagaimanakah keefektifan media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di sma negeri 6 banda aceh. sumber data penelitian ini diperoleh dengan cara pengamatan langsung di sma negeri 6 banda aceh. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif, yaitu dengan membaca dan menganalisis rpp, mengamati keadaan dan proses pembelajaran yang berlangsung dengan menggunakan media di kelas. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 jenis media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah sma negeri 6 banda aceh. jenis media yang digunakan, yaitu: media audio visual, media slide visual, dan media cetak. sumber medianya adalah guru (people). keterlibatan siswa dengan guru dalam pembelajaran begitu baik. siswa dapat berinteraksi dan aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di kelas. strategi pembelajaran yang dominan digunakan oleh guru bidang stud pelajaran bahasa indonesia di sma negeri 6 banda aceh adalah strategi pembelajaran langsung (ekspositori). metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru bidang studi bahasa indonesia adalah metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, tugas kelompok dan penugasan. keefektifan penggunaan media pada pembelajaran bahasa indonesia di sma negeri 6 banda aceh dapat dikatakan efektif karena menunjukkkan hasil positif pada peningkatan kemampuan dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa indonesia.



Abstract



    SERVICES DESK