Hubungan program jaminan kesehatan nasional (jkn) dengan kepuasan pasien pada pelayanan di puskesmas kota banda aceh oleh: nurul hadi nim: 1309200180013 komisi pembimbing: dr. dr. syahrul,sp.s (k) dr. hermansyah, skm., mph abstrak program jaminan kesehatan nasional (jkn) merupakan jaminan perlindungan kesehatan yang diselenggarakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial (bpjs) kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan. program jkn mengatur tentang sosialisasi, sistem pembiayaan dan kepesertaan. untuk mengetahui program jkn sudah berjalan dengan baik atau tidak maka perlu dilakukan evaluasi melalui tingkat kepuasan pasien. kepuasan dapat ditinjau dari dimensi servqual (service quality). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara program jkn dengan kepuasan pasien pada pelayanan puskesmas kota banda aceh. penelitian bersifat analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional, dilakukan pada bulan juni 2015 dengan teknik convenience sampling terhadap 349 peserta jkn di 11 puskesmas kota banda aceh. hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara program jkn dengan kepuasan ( p=0.021 ) dan terdapat hubungan antara sosialisasi (p=0.003), sistem pembiayaan ( p=0.001 ) dan kepesertaan ( p=0.003 ) program jkn dengan kepuasan pasien. disarankan bagi bpjs kesehatan bekerjasama dengan pemerintah untuk melakukan perbaikan pendataaan kepesertaan program jkn. kata kunci: program jkn, kepuasan pasien, pelayanan puskesmas.
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
HUBUNGAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh fakultas Magister Keperawatan,2015
Baca Juga : GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Popy Mauliza, 2017)
Abstract
Baca Juga : HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN STATUS AKREDITASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Nila Frisanti, 2022)