Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Maghfirah, PENGARUH TASK COMMITMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Banda Aceh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,2015

Abstrak kata kunci: pengaruh, task commitment, hasil belajar matematika keberhasilan belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan kognitif tetapi juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti task commitment, yaitu motivasi internal yang dapat memunculkan potensi untuk memperoleh prestasi. berdasarkan hal tersebut, fokus masalah pada penelitian ini adalah: (1) apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi man darussalam aceh besar; (2) berapa besar pengaruh positif task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi man darussalam aceh besar. penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan antara task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi man darussalam aceh besar; (2) mengetahui besar pengaruh task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi man darussalam aceh besar. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi man darussalam aceh besar tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 5 kelas, sedangkan yang menjadi sampel adalah 2 kelas, yaitu xi-ipa-1 dan xi-ipa-2. penentuan sampel dilakukan secara random. penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. pengolahan data menggunakan rumus korelasi product moment dan uji-t untuk menyatakan signifikansinya. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara task commitment dengan hasil belajar matematika siswa kelas xi man darussalam, semakin meningkatnya komitmen pada tugas maka akan semakin meningkat pula hasil belajarnya; (2) pengaruh task commitment terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi man darussalam tahun pelajaran 2014/2015 yaitu sebesar 71,43%. disarankan siswa dapat mempertahankan dan meningkatkan task commitment yang dimiliki, guru dapat membangun task commitment siswa dengan menciptakan suasana belajar yang aktif sehingga menimbulkan komitmennya.



Abstract



    SERVICES DESK