Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Maya Hardiyanti Putri, PENGARUH FAKTOR SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI HOME THEATER MEREK LG DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas Ekonomi Univeristas Syiah Kuala,2009

Abstrak faktor sosial merupalkan salah satu factor yang secara teoritis dapat dafat mempengaruhi perilaku konsumen. karena itu, keputusan kosurnen dalam membeli home theater dapat dilihat sebagai fungi dari faltor sosial. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sosial terhadap keputusan konsumen membeli home theater merek lg di kota banda aceh faktor sosial yang dimaksudkan dalam penelitian ini meliputi faktor keluarga, kelompok rujukan/referensi dan faktor peran & status. sampel penelitian sebanyak 75 orang konsumen yang diambil secara purposive sampling terdiri dari mereka yang membeli home theater merek lg dan bukan merek lg. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralatan statistik regresi logistik. penelitian ini menemukan bahwa diantara tiga faktor sosial yang digunakan sebagai variabel independen, faktor yang konsumen untuk membeli home theater merek lg adalah membuat faktor kelompok rujukan/referensi dan peran & status. sebaliknya faktor keluarga tidak membuat konsumen untuk terdorong untuk membeli home theater merek lg. berdasarkan hasil pengujian statistic diketahui nilai sig masing-masing variabel sebesat 0,583 untual faktor kelompok rujukan, sebesar 0,842 untuk faktor keluarga, dan 0,986 untuk faktor peran & status, hal ini berarti bahwa tidak satu pun diantara ketiga faktor terebut yang berpengaruh secara signifilan terhadap keputusan konsumen untuk membeli home theater merek lg atau pun merek lain selain lg, sehingga hipotesis ha ditolak dan sebalikya hipotesis ho diterima kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah, faktor kelompokl rujukan/referensi dan peran & status merupakan fak tor yang meyebabkan konsumen membeli home theater merek lg. sebaliknya faktor keluarga menyebabkan seorang konsuren home theater merek lain selain merek lg. namun demikian, pengaruh ketiga faltor tersebut terhadap keputusan seorang konumen membeli home theater dinilai tidak signifikan



Abstract



    SERVICES DESK