Abstrak khairun nisa. (2024). penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament (tgt) untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya materi seni tari. pada siswa kelas xi di sma negeri 16 banda aceh. [skripsi. universitas syiah kuala] dibawah bimbingan cut zuriana, s.pd., m.pd., dan ramdiana, s.sn., m.sn. rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya materi seni tari merupakan fenomena yang ditemukan oleh banyak guru. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe teams games tournament (tgt) pada materi seni tari. penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control grup design. populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas xi sma negeri 16 banda aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes.untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe teams games tournament (tgt) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model cooperative tipe teams games tournament (tgt) yakni memperoleh kategori sedang dan tinggi; 3) peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu pada kategori rendah. penerapan model cooperative learning tipe teams games tournament (tgt) dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. kata kunci : cooperative learning, teams games tournament, hasil belajar
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA MATERI SENI TARI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 16 BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas KIP Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1),2024
Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 BANDA ACEH (Rusliana, 2017)
Abstract
ABSTRACT Khairun Nisa. (2024). Penerapan Model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya materi seni tari. Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 16 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala] dibawah bimbingan Cut Zuriana, S.Pd., M.Pd., dan Ramdiana, S.Sn., M.Sn. Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya materi seni tari merupakan fenomena yang ditemukan oleh banyak guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan model Cooperative learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi seni tari. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 16 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan tes.Untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol digunakan uji-t pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa 1) Peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Tipe Teams Games Tournament (TGT) yakni memperoleh kategori sedang dan tinggi; 3) Peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu pada kategori rendah. Penerapan model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Kata kunci : Pembelajaran koperatif, Teams Games Tournament, hasil belajar
Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT PEMBELAJARAN SENI TARI (Azzura Natasya, 2025)