Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Razas MHD Saleh G, STRATEGI PEMASARAN TELEPON KABEL (WIRELINE) PADA PT. TELKOM KANDATEL NAD DI BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas Ekonomi,2008

Abstrak menurunnya minat pasar terhadap layanan telepon kabel (wireline) banyak disebabkan perkembangan teknologi telekomunikasi terutama teknologi wireless yang menawarkan banyak kecanggihan dan kemudahan seperti mobile, sms, dan video call, pt. telkom kandatel nad sebagai penyedia layanan telepon kabel (wireline) sangat merasakan dampak dari perubahan ini antara lain menurunnya demand, tingginya angka cabutan dan pertumbuhan pendapatan yang bergerak minus. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh pt. telkom kandatel nad di banda aceh dan apakah strategi itu telah efektif ditinjau dari teori analisis strategi yang ada. data-data yang dibutuhkan diperoleh langsung dari pihak-pihak terkait di pt. telkom kandatel nad (snow ball samplin.g) dengan menggunakan metode wawancara langsung dan dokumentasi arsip atau catatan penting yang berhubungan langsung dengan objek penelitian. kemudian disusun dalam variabel swot, stp dan bauran pemasaran jasa untuk kemudian diuji dengan menggunakan tools analisis data strategi matriks ansoff din strategi pemasaran plc. dari data-data yang diperoleh, terlihat bahwa pt. telkom kandatel nad mempunyai 2 (dua) strategi dalam memasarkan telepon kabel (wireline) yaitu penetrasi pasar dan diversifikasi produk wireline. strategi ini kemudian diimplementasikan dalam bentuk program-program kerja yang cukup banyak, antara lain; gempar (gcbyar pemasaran), employee get customer, customer gathering, diskon-diskon pulsa, 147 on the air, perluasan jaringan, dan pengembangan speedy. berdasarkan hasil analisa menggunakan matriks swot, matriks ansoff dan strategi pemasaran plc dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi telkom berada pada kuadran strategi diversifikasi (swot), strategi penetrasi pasar (ansoff) dan modifikasi bauran pemasaran (plc). sehingga telkom tidak hanya bertujuan mendapatkan pelanggan baru tetapi juga mempertahankan pelanggan yang ada. pada akhimya yang dibutuhkan oleh telkom adalah konsistensi dalam menerapkan strategi oleh seluruh lini dan improvisasi dalam membuat program-program kerja yang baru



Abstract



    SERVICES DESK