Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang selama ini hanya terfokus pada menghafal rumus-rumus untuk menyelesaikan soal matematika. tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di smp negeri 8 banda aceh. jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. subjek penelitian ini adalah siswa kelas vii-1 smp negeri 8 banda aceh tahun pelajaran 2024/2025 yang berjumlah 24 orang. instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi pecahan dengan konteks zakat dan wawancara. berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan konteks zakat di kelas vii -1 smp negeri 8 banda aceh masuk kedalam kategori tinggi dimana 19 siswa (79%) mampu memenuhi keempat indicator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu pemahaman masalah, penyusunan rencana penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah dan memeriksa kembali atau penarikan kesimpulan. kata kunci: pecahan, pemecahan masalah, zakat.
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DENGAN KONTEKS ZAKAT DI KELAS VII SMP. Banda Aceh FKIP Matematika,2024
Baca Juga : HUBUNGAN KEBUTUHAN KOGNISI DAN AFEK SISWA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERKONTEKS KEBENCANAAN (Fahlida Harnita, 2022)
Abstract
This research is motivated by the low mathematical problem-solving ability of students who have only focused on memorizing formulas to solve math problems. The purpose of this study was to see how the mathematical problem-solving ability of students at SMP Negeri 8 Banda Aceh. The type of research used is descriptive qualitative. The subjects of this study were 24 students of class VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh in the 2024/2025 academic year. The research instruments used were tests of students' mathematical problem-solving ability on fraction material in zakat and interviews. Based on the research results obtained, the mathematical problem-solving ability of students with the context of zakat in class VII-1 SMP Negeri 8 Banda Aceh was included in the high category where 19 students (79%) were able to fulfill the four indicators of mathematical problem-solving ability, namely understanding the problem, preparing a problem-solving plan, implementing problem-solving and re-checking or drawing conclusions. Keywords: Fractions, Problem Solving, Zakat.
Baca Juga : KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Rina Wahyuni, 2024)