Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Zulkifli, PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN CENDERA MATA DI BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas Ekonomi,2008

Bauran pemasaran (marketing mix) memiliki peranan yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk. bauran pemasaran merupakan rangsangan pemasaran yang dapat membantu terciptanya keputusan pembelian konsumen. penelitian ini bertujuan untuk mcngetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk cendera mata di banda aceh. responden penelitian 148 orang konsumen yang diambil secara convinience sampling dari 10 toko souvenir yang ada di kota banda aceh. pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan peralntnn statistik regresi linier berganda. penelitian ini menemukan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen membeli produk cendera mata. diantara empat bauran pemasaran tersebut, distribusi memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian. kemudian diikuti oleh variabel harga pada urutan kedua. hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel bauran pemasaran yang dijadikan variabel independen penelitian (produk, harga, distribusi dan promosi) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. sedangkan secara parsial, hanya variabel distribusi dan harga yang berpengaruh signifikan. sebaliknya variabel produk dan promosi secara parsial tidak berpengaruh signifikan. kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah tinggi rendahnya intensitas keputusan konsumen membeli produk cendera mata di kota banda aceh dipengaruhi oleh bauran pemasaran, terutama variabel distribusi dan harga. karena itu, sebaiknya pengelola toko souvenir di banda aceh menentukan tingkatan harga optimal bagi produk yang dijualnya.



Abstract



    SERVICES DESK