Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Raudhatul Jannah, PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 6 BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas KIP Biologi,2024

Raudhatul jannah (2024), pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi example non example terhadapa hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di smpn 6 banda aceh. [skripsi. universitas syiah kuala]. dibawah bimbingan dr. andi ulfa tenri pada m.pd. dan dra. asiah md.,mp. pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang berpikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensi dari materi pelajaran. penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi example non example terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di smp negeri 6 banda aceh. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas vii. sampel pada penelitian ini adalah kelas vii 1 sebagai kelas kontrol dan vii 2 sebagai kelas eksperimen. teknik pengumpulan data hasil belajar melalui pretes dan postes dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel. hasil analisis uji t sig. (2-tailed) < 0,05 artinya terdapat pengaruh hasil belajar kelas ekperimen dan kelas kontrol. simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan strategi example non example pada materi pencemaran lingkungan. kata kunci: hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah



Abstract

Raudhatul Jannah (2024), The Effect of Problem-Based Learning Model with Example Non Example Strategy on Student Learning Outcomes on Environmental Pollution Material at SMPN 6 Banda Aceh. [Script. Syiah Kuala University]. Under the guidance of Dr. Andi Ulfa Tenri Pada M.Pd. and Dra. Asiah MD, MP. Problem-based learning is a learning method that uses real-world problems as a context for students to learn about critical thinking and problem-solving skills and to gain essential knowledge and concepts from the subject matter. The study aims to determine the effect of applying a problem-based learning model with an example non example strategy on student learning outcomes on environmental pollution material at SMP Negeri 6 Banda Aceh. The method used in this research is quasi experiment with Pretest posttest control group design. The population in the study were all seventh grade students. The samples in this study were VII 1 class as the control class and VII 2 as the experimental class. The technique of collecting data on learning outcomes through pretests and posttests with a quantitative descriptive approach. The data obtained were analyzed descriptively and presented in tabular form. The results of the t test analysis Sig. (2-tailed)



    SERVICES DESK