Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
Yenny Erlinda, MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN ESTAFET BENDERA DI TK MIFTAHUL JANNAH PANTON BILI ACEH SELATAN. Banda Aceh Fakultas KIP PG PAUD (S1),2024

Yenny erlinda. (2024). meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain estafet bendera di tk miftahul jannah panton bili aceh selatan. di bawah bimbingan dr. dra. israwati, m.si dan dina amalia, s.psi., m.sc. perkembangan sosial emosional adalah kemampuan seseorang untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungannya. perkembangan sosial emosional yang dimaksud dalam penelitian ini adalah perkembangan anak usia 5- 6 tahun di tk miftahul jannah yang mampu bergabung dalam satu kelompok dan bermain dengan teman sebaya melalui bermain estafet bendera. permainan estafet bendera adalah permainan beranting yang dilakukan berkelompok untuk mencapai satu tujuan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui bermain estafet bendera di tk miftahul jannah panton bili, aceh selatan. subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun pada kelompok b di tk miftahul jannah desa panton bili, aceh selatan yang berjumlah 10 peserta didik. metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan teknik observasi dan unjuk kerja. indikator kinerja 75% atau anak mencapai bintang tiga yaitu berkembang sesuai harapan (bsh). hasil penelitian diperoleh berupa 4 orang anak mencapai kategori berkembang sesuai harapan (bsh) dan 6 orang anak mencapai kategori berkembang sangat baik (bsb) dengan kriteria anak dapat bergabung dalam satu kelompok, bermain dengan teman sebaya, berinteraksi dengan teman sebaya serta dapat bertanggung jawab dan bekerja sama. kata kunci : perkembangan sosial emosional, anak, estafet bendera



Abstract

Yenny Erlinda. (2024). Improving Early Childhood Social Emotional Development Through Playing Flag Relay at Miftahul Jannah Panton Bili Kindergarten, South Aceh. Under the guidance of Dr. Dra. Israwati, M.si and Dina Amalia, S.Psi., M.Sc. Social emotional development is a person's ability to interact and socialize with their environment. The social emotional development referred to in this research is the development of children aged 5-6 years at Miftahul Jannah Kindergarten who are able to join in a group and play with their peers by playing the flag relay. The flag relay game is a relay game played by groups to achieve one goal. The aim of this research is to improve the social emotional development of early childhood through playing flag relay at Miftahul Jannah Panton Bili Kindergarten, South Aceh. The subjects of this research were children aged 5-6 years in group B at Miftahul Jannah Kindergarten, Panton Bili village, South Aceh, totaling 10 students. The research method used is the classroom action research (PTK) method which is carried out in 2 cycles using observation and performance techniques. The performance indicator is 75% or the child reaches three stars, namely Developing According to Expectations (BSH). The research results were obtained in the form of 4 children achieving the Developing According to Expectations (BSH) category and 6 children achieving the Very Well Developing (BSB) category with the criteria that children can join in a group, play with peers, interact with peers and can be responsible and cooperate. Keywords: Social emotional development, Children, Flag Relay.



    SERVICES DESK