Dalam pembelajaran matematika siswa seringkali melakukan kesalahan dalam penyelesaian soal yang diberikan oleh guru. penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosis kesalahan siswa kelas viii mtsn 2 aceh besar dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar serta penyebab terjadinya kesalahan. jenis dan pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-3 mtsn 2 aceh besar yang dipilih 8 siswa dengan pertimbangan 2 siswa untuk kategori kesalahan konsep, 2 siswa untuk kategori kesalahan prinsip, 2 siswa untuk kategori kesalahan fakta, dan 2 siswa untuk kategori kesalahan operasi. teknik pengumpulan data diambil melalui pemberian soal tes dan wawancara kepada siswa. analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar antara lain yaitu kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan fakta, dan kesalahan operasi. penyebabnya ialah lemahnya pengetahuan dasar terhadap materi bentuk aljabar, seperti suku-suku yang sejenis, pengoperasian bentuk aljabar, serta sifat-sifat operasi bentuk aljabar, lemahnya kemampuan dalam penyelesaian soal cerita, tidak memeriksa kembali jawabannya, kurangnya komunikasi dengan guru yang mengajar, dan tidak berlatih dalam menyelesaikan soal-soal materi bentuk aljabar. kata kunci: bentuk aljabar, diagnosis kesalahan, dan matematika.
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII MTSN 2 ACEH BESAR MENYELESAIKAN SOAL BENTUK ALJABAR. Banda Aceh Fakultas KIP Pendidikan Matematika,2024
Baca Juga : KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA MATERI ALJABAR DI SMPN 8 BANDA ACEH (RAHIL MASTURAH, 2022)
Abstract
In learning mathematics, students often make mistakes in solving problems given by the teacher. This study aims to diagnose the errors of class VIII students of MTsN 2 Aceh Besar in solving algebraic form problems and the causes of errors. The type and approach of this research is descriptive research with a qualitative approach. The subjects in this study were students of class VIII-3 MTsN 2 Aceh Besar who were selected 8 students with consideration of 2 students for the category of concept errors, 2 students for the principle error category, 2 students for the fact error category, and 2 students for the operation error category. Data collection techniques were taken through giving test questions and interviews to students. Data analysis includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the errors made by students in solving algebraic form problems include concept errors, principle errors, fact errors, and operation errors. The causes are weak basic knowledge of algebraic form material, such as similar terms, operation of algebraic forms, and properties of algebraic form operations, weak ability in solving story problems, not checking their answers again, lack of communication with the teaching teacher, and not practicing in solving algebraic form material problems. Keywords: Algebraic Forms, Error Diagnosis, and Mathematics.
Baca Juga : ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS VII PADA MATERI BENTUK ALJABAR DI MTSN 2 BANDA ACEH (Meny Rani, 2016)