Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
SITI NURKAMALIAH, KESULITAN GURU DALAM MENGIMPLENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GAROT ACEH BESAR. Banda Aceh Fakultas KIP PGSD,2024

Abstrak siti nurkamaliah (2024). kesulitan guru dalam mengimplementasikan kuriulum merdeka terhadap proses pembelajaran di sd negeri garot aceh besar”. skripsi, jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. kurikulum merdeka sudah diterapkan di sd negeri garot aceh besar meskipun tidak terlepas dari berbagai permasalahan yang ada. penerapannya masih diterapkan secara bertahap yaitu kelas i, ii, iv dan v, yang mana penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesulitan guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka terharap proses pembelajaran di sd negeri garot aceh besar. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek penelitian yaitu guru kelas i, ii, iv dan v. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan wawancara. adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam merancang kurikulum merdeka di sd negeri garot aceh besar yaitu dalam menganalisis capaian pembelajaran (cp) menjadi tujuan pembelajaran (tp), menyusun alur tujuan pembelajaran (atp) dan membuatnya dalam bentuk modul ajar. dalam starategi pembelajaran guru menentukan metode yang tepat, selaian itu guru juga menglami kesulitan dalam inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar serta dalam pelaksanaan pembelajaran yang berbasis proyek. yaitu dalam menentukan proyek kelas serta kurangnya alokasi waktu untuk pembelajaran berbasis proyek. kesulitan guru lain nya terdapat dalam menentukan instrument asesmen yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, dan menentukan instrumen asesmen pada saat pembelajaran berbasis proyek. kata kunci: kesulitan guru, implementasi kurikulum merdeka, proses pembelajaran.



Abstract

ABSTRACT Siti Nurkamaliah (2024). Teachers' difficulties in implementing the curriculum Freedom from the Learning Process at the Garot Aceh Besar State Elementary School." Thesis, Department of Primary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Science Education, Syiah Kuala University. The Merdeka Curriculum has been implemented at the Garot Aceh Besar State Elementary School although it cannot be separated from the various existing problems. It is still being implemented applied in stages, namely classes I, II, IV and V, where the implementation is not regardless of problems in terms of planning, implementation and assessment. This research aims to find out teachers' difficulties in implementing the independent curriculum in the learning process in state elementary schools Aceh Besar Garot. This research uses a qualitative approach with types descriptive research. Research subjects are teachers of grades I, II, IV and V. Collection data was carried out by observation and interviews. The data analysis techniques are: carried out by data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Results Research shows that teachers have difficulties in designing an independent curriculum at Garot Aceh Besar State Elementary School, namely in analyzing Learning Achievements (CP) into Learning Objectives (TP), compiling a Flow of Learning Objectives (ATP) and make it in the form of a Teaching Module. In teacher learning strategies Determining the right method, besides that, teachers also experience difficulties in determining the right method innovation in learning media that is appropriate to teaching materials and implementation project-based learning. namely in determining class projects as well lack of time allocation for project-based learning. The difficulties of other teachers found in determining assessment instruments that are appropriate to the objectives learning to be achieved, and determining the assessment instruments at the time project-based learning. Keywords: Teacher difficulties, Independent Curriculum Implementation, Process learning.



    SERVICES DESK