Abstrak ade irmayuandari (2023). implementasi strategi technological pedagogical content knowledge (tpack) berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika pada siswa sma negeri 11 banda aceh kurangnya pemanfaatan fasilitas laboratorium komputer dan laboratorium bidang sains oleh siswa menjadi latar belakang penelitian ini. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa sma negeri 11 banda aceh melalui implementasi strategi tpack inkuiri terbimbing. penelitian ini merupakan suatu studi pre-experimental design dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi sma negeri 11 banda aceh dengan mengambil sampel satu kelas mengguakan teknik purposive sampling. pengumpulan data dilakukan dengan dua macam instrument yaitu tes dan non tes. tes meliputi hasil belajar siswa dan non-tes meliputi angket respon siswa. untuk melihat perbandingan yang signifikan hasil belajar siswa, data di analisis menggunakan uji n- gain. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa mata pelajaran fisika setelah menerapkan strategi tpack inkuiri terbimbing. skor rata-rata pretest siswa adalah 33.55, sedangkan pada posttest meningkat menjadi 88.06. analisis data tes mengungkapkan rata-rata nilai n-gain sebesar 81.88%, hal ini menunjukkan pengaruh positif dari penerapan metode pembelajaran tpack terhadap hasil belajar siswa. penelitian ini memberikan kontribusi dalam mengatasi masalah rendahnya hasil belajar fisika di sma negeri 11 banda aceh dengan memanfaatkan strategi tpack inkuiri terbimbing. implementasi strategi tpack berbasis inkuiri terbimbing dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. kata kunci: tpack, inkuiri terbimbing, hasil belajar
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI STRATEGI TECHNOLOGICAL PEDAGOGIC CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas KIP Fisika,2023
Baca Juga : KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA UNIVERSITAS SYIAH KUALA (INAYATUL MAULA, 2022)
Abstract
ABSTRACT Ade Irmayuandari (2023). Implementation of the Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Strategy Based on Guided Inquiry to Improve Physics Learning Outcomes for Students at SMA Negeri 11 Banda Aceh The lack of use of computer laboratory and science laboratory facilities by students is the background for this research. This research aims to improve the physics learning outcomes of SMA Negeri 11 Banda Aceh students through the implementation of the guided inquiry TPACK strategy. This research is a Pre-Experimental Design study with a one group pretest and posttest design. The population of this study was all class XI students at SMA Negeri 11 Banda Aceh by taking a sample from one class using purposive sampling technique. Data collection was carried out using two types of instruments, namely test and non-test. Tests include student learning outcomes and non-tests include student response questionnaires. To see a significant comparison of student learning outcomes, the data was analyzed using the N-Gain test. Based on the research results, it shows a significant increase in student learning outcomes in Physics subjects after implementing the guided inquiry TPACK strategy. The students' average pretest score was 33.55, while the posttest increased to 88.06. Analysis of test data revealed an average N-Gain valu e of 81.88%, this shows the positive influence of implementing the TPACK learning method on student learning outcomes. This research contributes to overcoming the problem of low physics learning outcomes at SMA Negeri 11 Banda Aceh by utilizing the guided inquiry TPACK strategy. Implementation of the Guided Inquiry-based TPACK strategy in learning has been proven to improve student learning outcomes. Keywords: TPACK, Guided Inquiry, Learning Outcomes
Baca Juga : KAJIAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MAN DARUSSALAM PADA PEMBELAJARAN MATERI REAKSI REDOKS MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (kartika rozaimah, 2015)