Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
SYIFA SALSABILA AKUSTIA, PENGARUH STRATEGI PEMASARAN ISLAM, GAYA HIDUP DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN PRELOVED DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA MAHASISWA KOTA BANDA ACEH). Banda Aceh Ekonomi Islam (S1),2023

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara strategi pemasaran islam, gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian pakaian preloved yang dimediasi oleh minat beli. metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode structural equation modelling (sem). jumlah responden dari penelitian ini sebanyak 120 responden yang ditentukan dengan rumus hair. data di kumpulkan dengan cara membagikan kuesioner pada 120 mahasiswa kota banda aceh. analisis data menggunakan bantuan software amos. hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa minat beli berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, strategi pemasaran islam, gaya hidup, dan harga berpengaruh secara langsung terhadap minat beli. kemudian strategi pemasaran islam juga berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian. sedangkan gaya hidup tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. selanjutnya minat beli memediasi secara parsial pengaruh strategi pemasaran islam, gaya hidup dan harga terhadap keputusan pembelian. oleh karenanya, pelaku usaha preloved dapat terus menerapkan strategi pemasaran islam menjalani usahanya. kata kunci: strategi pemasaran islam, gaya hidup, harga, keputusan pembelian, minat beli



Abstract

ABSTRACT This study aims to determine whether there is an influence between Islamic marketing strategies, lifestyle and prices on purchasing decisions of preloved clothes which are mediated by purchase intention. The research method used in this study is the Structural Equation Modeling (SEM) method. The number of respondents from this study were 120 respondents who were determined by the hair formula. Data was collected by distributing questionnaires to 120 students from Banda Aceh City. Data analysis using AMOS software. The results of this study show that buying interest has a direct effect on purchasing decisions, Islamic marketing strategies, lifestyles, and prices have a direct effect on buying intentions. Then the Islamic marketing strategy also directly influences purchasing decisions. While lifestyle has no positive and significant effect on purchasing decisions. Furthermore, buying interest partially mediates the influence of Islamic marketing strategy, lifestyle and price on purchasing decisions. Therefore, preloved business actors can continue to implement Islamic marketing strategies throughout their business. Keywords: Islamic Marketing Strategy, Lifestyle, Price, Purchase Decision, Purchase Intention



    SERVICES DESK