Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap niat menggunakan yang dimediasi oleh sikap pada nasabah pengguna aplikasi bank syariah indonesia (bsi) perbankan seluler di kota banda aceh. data diperoleh melalui survei terhadap 184 orang sebagai sampel yang mewakili populasi penelitian dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. teknik sampel yang digunakan non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. statistical product and service solutions (spss) digunakan sebagai metode analisis untuk mengetahui pengaruh antara variabel-variabel yang terlibat. hasil penelitian menemukan bahwa persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, dan sikap secara signifikan mempengaruhi niat. hasil penelitian juga menemukan pengaruh yang signifikan antara persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap sikap sehingga sikap mampu memediasi pengaruh persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan persepsi risiko terhadap niat. kata kunci : persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, sikap untuk menggunakan, niat untuk menggunakan
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MEMPREDIKSI NIAT DAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL MEDIASI UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI MOBILE BANKING BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DI KALANGAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DI KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh Fakultas Ekonomi dan Bisnis,2023
Baca Juga : PENGARUH FASILITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA KCP BSI JAMBO TAPE (RAFID SHIDQI, 2024)
Abstract
This research aims to measure the effect of perceived ease of use, perceived usefulness, and perceived risk on behavioral intention to use mediated by attitude towards using on customers that use Bank Syariah Indonesia (BSI) mobile banking application in the city of Banda Aceh. Data were collected through a survey of 184 respondents as sample to represents the research population and used a questionnaire as the data collection instrument. The sampling technique used in this research was non-probability sampling with convenience sampling technique. statistical product and service solutions (SPSS) was used analytical method to determine the effect between the variables involved. The results found that perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, and attitude towards using significantly affects behavioral intention to use. The results of the study also found a significant effect between perceived ease of use, perceived usefulness, and perceived risk on attitude towards using as a results attitude towards using did mediate the effects of perceived ease of use, perceived usefulness on behavioral intention to use Key words : perceived ease of use, perceived usefulness, perceived risk, attitude towards using, behavioral intention to use