Salsabiila fithri (2023). hubungan task commitment dan educational interaction dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi fkip universitas syiah kuala. prestasi belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan studi mahasiswa. prestasi belajar yang baik diharapkan mampu menggambarkan kualitas mahasiswa yang baik pula, apalagi sebagai calon guru yang harus mampu mencerdaskan generasi penerus bangsa. task commitment merupakan faktor internal dan educational interaction merupakan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seorang mahasiswa. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubungan task commitment dan educational interaction dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi fkip universitas syiah kuala. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan task commitment dan educational interaction dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi fkip universitas syiah kuala. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan pendidikan geografi fkip universitas syiah kuala yang berjumlah 346 mahasiswa dan sampel berjumlah 77 mahasiswa aktif yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling. data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi dan angket. teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi ganda dan uji signifikansi. hasil penghitungan diperoleh persamaan regresi ganda y= 15,97+0,73x1+0,15x2 berarti kedua variabel bebas memberikan pengaruh positif terhadap variabel terikat. koefisien korelasi task commitment dan educational interaction dengan prestasi belajar sebesar 0,80 termasuk dalam kategori sangat kuat dan koefisien determinasi sebesar 64%. nilai perhitungan signifikansi menunjukkan fhitung(66,7) > ftabel(3,12) pada taraf signifikansi 5% sehingga tolak h0. artinya terdapat hubungan yang signifikan antara task commitment dan educational interaction dengan prestasi belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi fkip universitas syiah kuala. kata kunci : hubungan, task commitment, educational interaction, prestasi belajar
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN TASK COMMITMENT DAN EDUCATIONAL INTERACTION DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA. Banda Aceh Fakultas KIP Geografi,2023
Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA BERDASARKAN JALUR SNMPTN DAN SBMPTN ANGKATAN TAHUN 2015– 2017 (Kasihani, 2019)
Abstract
Salsabiila Fithri (2023). The Relationship between Task Commitment and Educational Interaction with Student Achievement in Geography Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala. Learning achievement is one indicator of student study success. Good learning achievement is expected to be able to describe the good quality of students as well, especially as prospective teachers who must be able to educate the nation's next generation. Task commitment is an internal factor and educational interaction is an external factor that can affect a student's learning achievement. The formulation of the problem in this study is how is the relationship between task commitment and educational interaction with the learning achievement of students of the Geography Education Department, FKIP, University of Syiah Kuala. This study aims to determine the relationship between task commitment and educational interaction with the learning achievement of students of the Geography Education Department, FKIP, Syiah Kuala University. This study uses a correlational quantitative approach. The population in this study were active students of the Geography Education Department, FKIP, Syiah Kuala University, totaling 346 students and a sample of 77 active students were taken using a proportional random sampling technique. Research data was collected using documentation and questionnaires. The data analysis technique used is multiple correlation and significance test. The calculation results obtained the multiple regression equation Y = 15.97 + 0.73X1 + 0.15X2 meaning that the two independent variables have a positive influence on the dependent variable. The correlation coefficient of task commitment and educational interaction with learning achievement of 0.80 is included in the very strong category and the coefficient of determination is 64%. The calculated significance value shows Fcount(66.7) > Ftable(3.12) at a significance level of 5% so that H0 is rejected. This means that there is a significant relationship between task commitment and educational interaction with the learning achievement of students of the Geography Education Department, FKIP, Syiah Kuala University. Keywords: relationship, task commitment, educational interaction, learning achievement
Baca Juga : HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DAN MINAT BACA DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP UNSYIAH (Cut Nurul Fadhillah, 2019)