Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
ANDARA SALSABIELLA, DAMPAK KARIES GIGI PADA SISWA/SISWI KELAS 3 DAN 4 SDN 27 BANDA ACEH TERHADAP KUALITAS BELAJAR. Banda Aceh Fakultas Kedokteran Gigi,2023

Karies gigi didefinisikan sebagai penyakit pada rongga mulut yang disebabkan oleh pergerakan mikroorganisme pada jaringan keras gigi (email, dentin, sementum). sesuai pusdatin kemenkes (2018), prefalensi karies gigi di indonesia sebesar 88,8%. anak-anak berusia 5-9 tahun mempunyai taraf dominasi 92,6%. dampak yang ditimbulkan akibat karies pada anak dapat menghambat proses perkembangan, salah satunya adalah tingkat kecerdasan semakin menurun dan apabila terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang panjang akan mempengaruhi kualitas hidup anak. tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak karies gigi terhadap kualitas belajar pada siswa/siswi kelas 3 dan 4 sdn 27 banda aceh. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metodologi cross-sectional. penelitian ini dilakukan pada 149 siswa menggunakan teknik total sampling dengan pemilihan subjek yang mengalami karies gigi dengan kedalaman d5 sampai d6. hasil penelitian yang disajikan menunjukkan bahwa siswa/siswi saat mengalami karies gigi tidak mempengaruhi kualitas mereka dalam belajar. hal ini dibuktikan dimana sebanyak 91% anak tidak pernah mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran karena sakit gigi. namun juga ditemukan hampir 50% anak sering mengeluhkan rasa sakit pada gigi berlubang, hal tersebut membuat anak tidak nyaman saat belajar, dan tidak sedikit anak yang tidak mengerjakan tugas akibat sakit gigi berlubang. dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dampak karies pada gigi tidak berpengaruh pada kualitas belajar anak dikarenakan banyak faktor-faktor lainnya yang lebih mempengaruhi pada kualitas belajar anak. kata kunci : karies, anak-anak, dampak, kualitas belajar



Abstract

Dental caries is defined as a disease of the oral cavity caused by the movement of microorganisms in the hard tissues of the teeth (enamel, dentine, cementum). According to Pusdatin KEMENKES (2018), the prevalence of dental caries in Indonesia is 88.8%. Children aged 5-9 years have a dominance level of 92.6%. The impact caused by caries in children can hinder the development process, one of which is the level of intelligence is decreasing and if it continues for a long period of time it will affect the quality of life of children. The purpose of this study was to determine the impact of dental caries on the quality of learning in grade 3 and 4 students at SDN 27 Banda Aceh. This research is a descriptive study with a cross-sectional methodology. This research was conducted on 149 students using a total sampling technique with the selection of subjects with dental caries with a depth of D5 to D6. The results of the research presented show that when students experience dental caries it does not affect their quality of learning. This is proven where as many as 91% of children never experience difficulties in understanding subject matter due to toothache. However, it was also found that almost 50% of children often complained of pain in cavities, this made children uncomfortable while studying, and not a few children did not do their assignments due to cavities. From this study it can be concluded that the impact of caries on teeth does not affect the quality of children's learning because there are many other factors that have a greater influence on the quality of children's learning. Keywords: Caries, Children, Impact, Learning Quality



    SERVICES DESK