Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES
Iqlima, KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMP NEGERI 1 DAN SMP NEGERI 3 SEULIMEUM. Banda Aceh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan,2023

Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di smp negeri 1 dan smp negeri 3 seulimeum oleh : iqlima npm: 2009200050002 komisi pembimbing: 1. prof. dr. cut zahri harun, m. pd. 2. prof. dr. yusrizal, m. pd. abstrak kompetensi manajerial kepala sekolah merupakan kemampuan khusus yang dimiliki oleh kepala sekolah sebagai manajer dalam melakukan fungsi manajemen di lembaga sekolah yang dipimpinnya dan memanfaatkan sumber-sumber manajemen, mengelola perubahan dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajaran yang efektif dan efisien. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di smp negeri 1 seulimeum dan smp negeri 3 seulimeum. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. berdasarkan temuan penelitian, didapati bahwa: (1) program-program yang direncanakan dan dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru, meliputi: pelatihan/peningkatan softskill guru, seminar pendidikan, workshop guru, mgmp, kkg, memberi penghargaan kepada guru yang berprestasi dan juga menambah insentif guru serta memberi kesempatan kepada guru untuk menggunakan perangkat it dalam pembelajaran demi menyelesaikan setiap permasalahan dalam kegiatan kbm; (2) adapun strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru yaitu dengan: memberikan motivasi, memberikan penghargaan kepada guru yang berprestasi, menambah insentif guru, seminar pendidikan, mgmp, workshop guru; (3) kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, yaitu: kurangnya motivasi, waktu, pembiayaan, kurangnya dukungan dari ahli-ahli yang mampu memberikan pelatihan ataupun workshop dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh guru-guru. sedangkan faktor pendukungnya yaitu: tersedianya sarana prasarana yang memadai yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar yang menarik, efektif, dan efisien. kata kunci: kompetensi manajerial dan kinerja guru.



Abstract

PRINCIPLE MANAGERIAL COMPETENCE IN IMPROVING TEACHER PERFORMANCE IN STATE JUNIOR HIGH SCHOOL 1 AND 3 OF SEULIMEUM ABSTRACT (Iqlima) Principal managerial competence is a unique ability possessed by school principals as managers in carrying out management functions in the institutions they lead and utilizing management resources, managing change, and developing schools towards effective and efficient learning organizations. This study aimed to determine how the principal managerial competence can improve teacher performance at State Junior High Schools 1 and 3 of Seulimeum. This study was qualitative research with a descriptive approach. The data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used was descriptive qualitative analysis with data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. Based on the research findings, it was found that: (1) The programs planned and carried out to improve teacher performance were training/improvement of soft teacher skills, educational seminars, teacher workshops, Teacher’s Forum, Teacher Working Groups, giving awards to teachers who excel and provide added incentives to the teachers and provide opportunities for teachers to use IT tools in learning to solve any problems in teaching and learning activities; (2) The principal’s strategy in improving teacher performance were providing motivation, giving awards to outstanding teachers, providing added incentives, holding educational seminars, teacher’s forum, teacher workshops; (3) The obstacles faced by the school principals in improving teacher performance were the lack of motivation, time, finance, and support from experts who can provide training or workshops in language that teachers can easily understand. At the same time, the supporting factors were the availability of adequate infrastructure that supports engaging, effective, and efficient learning and teaching activities. Keyword: Managerial Competence and Teacher’s Performance



    SERVICES DESK