Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media flanelgraf pada pembelajaran sejarah di kelas xi ips sma negeri bunga bangsa nagan raya dan untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah penerapan media flanelgraf pada pembelajaran sejarah di kelas xi ips sma negeri bunga bangsa nagan raya. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi ips sma negeri bunga bangsa nagan raya yang berjumlah 20 orang siswa. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan angket. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) hasil dari pengamatan kegiatan guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sebesar 97,5% dengan kategori sangat baik. (2) motivasi siswa terhadap media flanelgraf dalam pembelajaran sejarah di kelas xi ips sma negeri bunga bangsa nagan raya yaitu 21,2% menjawab sangat setuju, 32,2% menjawab setuju, 13,7% menjawab ragu-ragu, 21,5% menjawab tidak setuju, dan 11,5% menjawab sangat tidak setuju dengan kategori baik. maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses penerapan media flanelgraf dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa. kata kunci: motivasi belajar, media pembelajaran flanelgraf
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN FLANELGRAF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI BUNGA BANGSA NAGAN RAYA. Banda Aceh Fakultas KIP - Pendidikan Sejarah,2023
Baca Juga : EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA LEAFLET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 1 ACEH UTARA (INTAN ZUHRA, 2021)
Abstract
This study aims to determine the application of flannelgraph media to history learning in class XI Social Studies SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya and to determine student motivation after the application of flannelgraph media to learning history in class XI Social Sciences SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya. This study used a qualitative approach with a descriptive research type. The subjects in this study were all 20 students of class XI Social Studies SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya. Data collection techniques in this study are using observation and questionnaires. Based on the results of the research that has been done, it is known that (1) the results from observing the activities of teachers and students in the implementation of learning are 97.5% in the very good category. (2) Students' motivation towards flannelgraph media in history learning in class XI IPS SMA Negeri Bunga Bangsa Nagan Raya, namely 21.2% answered strongly agreed, 32.2% answered agreed, 13.7% answered doubtful, 21.5% answered disagree, and 11.5% answered strongly disagree with good category. So it can be concluded that in the process of applying flannelgraph media it can increase students' motivation to learn history. Keywords: Learning Motivation, Flannelgraph Learning Media