Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI
SYUHADA AKHBAR, PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ELEKTRONIK MELALUI SISTEM DROPSHIP (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh). Banda Aceh Fakultas Hukum,2022

Abstrak - penelitian ini bertujuan menjelaskan pertanggungjawaban yang diberikan oleh pelaku usaha kepada konsumen, faktor yang menyebabkan pelaku usaha tidak memenuhi kewajibannya kepada konsumen, dan menjelaskan bagaimana perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli elektronik melalui sistem dropship dan bagaimana pertanggungjawaban dropshipper dan distributor kepada konsumen yang mengalami kerugian atas wanprestasi yang dilakukan oleh pelaku usaha. hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanggungjawaban yang diberikan oleh pelaku usaha adalah memberikan apa yang menjadi hak konsumen terhadap barang yang tidak sesuai berdasarkan informasi yang telah diberikan. penyebab pelaku usaha wanprestasi karena kurangnya kesadaran hukum dan pemahaman dari pelaku usaha mengenai hak-hak konsumen. upaya yang dapat dilakukan oleh konsumen adalah melaporkan pengaduan kepada pihak yayasan perlindungan konsumen, apabila upaya tersebut tidak berhasil, maka konsumen dapat menyelesaikan sengketa melalui proses non-litigasi atau litigasi. disarankan kepada pelaku usaha agar adil dan memiliki kesadaran hukum dan pemahaman pemenuhan terhadap hak-hak konsumen. kepada konsumen agar lebih aktif dalam memperjuangkan hak-haknya dan harus lebih berhati-hati dalam membeli atau deal order.



Abstract

Abstract - This study aims to explain the responsibilities given by business actors to consumers, the factors that cause business actors not to fulfill their obligations to consumers, and explain how consumer protection in electronic buying and selling transactions through the dropship system, and how the responsibility of drop shippers and distributors to consumers who experience losses due to default carried out by entrepreneurs. The results of the study indicate that the responsibility given by business actors is to give what is the right of consumers to goods that are not appropriate based on the information that has been provided. The cause of business actors defaulting is due to lack of legal awareness and understanding of business actors regarding consumer rights. Efforts that can be made by consumers are to report complaints to the Consumer Protection Foundation, if these efforts are not successful, then consumers can resolve disputes through non-litigation or litigation processes. It is recommended for business actors to be fair and have legal awareness and understanding of the fulfillment of consumer rights. Consumers to be more active in fighting for their rights and to be more careful in buying or dealing with orders



    SERVICES DESK