Pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di sma negeri 3 timang gajah bener meriah oleh: halmaida npm: 2009200050008 komisi pembimbing: 1. prof. dr. yusrizal, m. pd. 2. dr. niswanto, m. pd. abstrak supervisi akademik memberi dampak positif terhadap terbentuknya sikap profesional guru. kepala sekolah selaku supervisor dituntut kompeten untuk meningkatkan kinerja gurunya.tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perencanaan program pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru; (2) strategi pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru; (3) evaluasi dan tindak lanjut dalam pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru; dan (4) kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di sma negeri 3 timang gajah bener meriah. teknik pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. subjek penelitian meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian adalah: (1) perencanaan program supervisi akademik kepala sekolah disusun merujuk pada identifikasi permasalahan yang dihadapi guru berdasarkan hasil pengawasan tahun sebelumnya seperti penilaian, pembinaan dan membantu kesulitan guru, selanjutnya dituangkan ke dalam program rencana kepengawasan akademik (rka) sesuai dengan kebutuhan guru; (2) strategi pelaksanaan supervisi akademik oleh kepala sekolah dilakukan dalam tiga tahap yaitu: survei awal sebelum melakukan supervisi akademik, kunjungan kelas untuk mengetahui jalannya pembelajaran, dan me-review hasil kunjungan kelas; (3) evaluasi dan tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru dilakukan sebagai bentuk evaluasi kemampuan guru serta untuk memperbaiki program berikutnya dengan menggunakan pembinaan memberikan solusi yang tepat dalam mengatasi masalah yang dihadapi guru; dan (4) kendala dalam pelaksanaan supervisi akademik terdapat pada supervisor dan kurangnya kesiapan guru. solusinya yaitu kepala sekolah menyusun ulang kembali jadwal pelaksanaan dan kurangnya kesiapan guru diberikan waktu luang bagi guru untuk diskusi, serta guru harus mengikuti mgmp. kata kunci: supervisi akademik dan kinerja guru
Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 TIMANG GAJAH BENER MERIAH. Banda Aceh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan,2022
Baca Juga : PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SD NEGERI 4 KUTE PANANG KABUPATEN ACEH TENGAH (ERNI FITRIANI, 2019)
Abstract
THE IMPLEMENTATION OF ACADEMIC SUPERVISION TO IMPROVE TEACHER PERFORMANCE AT THE STATE SENIOR HIGH SCHOOL 3 OF TIMANG GAJAH OF BENER MERIAH ABSTRACT (Halmaida) The academic supervision has a positively impacts the teachers' professional attitudes. As a supervisor, the principal must be competent in improving the performance of his teachers. This research aimed to: (1) Program planning implementing academic supervision to improve teacher performance; (2) Strategy implementing academic supervision to improve teacher performance; (3) evaluation and follow-up in implementing academic supervision to improve teacher performance, and; (4) challenges faced implementing academic supervision to improve teacher performance the State Senior High School 3 of Timang Gajah of Bener Meriah. The data was collected by interview, observation, and documentation. The subjects are the principal, vice-principal, and teachers. The data analysis used qualitative descriptive with data reduction technique, data presentation, and conclusion. The result of the research showed that: (1) The planning of the principal's academic supervision program is prepared referring to the identification of problems faced by teachers based on the results of the previous year's supervision such as assessment, coaching and assisting teacher difficulties, then poured into the Academic Supervision Plan (RKA) program according to the needs of the teacher; (2) The strategy for implementing academic supervision by the principal is carried out in three stages, namely: an initial survey before conducting academic supervision, class visits to find out the course of learning, and reviewing the results of class visits; (3) Evaluation and follow-up of the implementation of academic supervision to improve teacher performance is carried out as a form of evaluating teacher abilities and to improve subsequent programs by using coaching to provide appropriate solutions in overcoming problems faced by teachers;; and (4) The challenges were the supervisor, schedule, and the lack of teacher readiness. Despite that, the solutions is that the principal rearranges the implementation schedule and the lack of teacher readiness is given free time for teachers to discuss, and teachers must attend the Subject Teacher Association (MGMP). Keywords: Academic supevision and teacher performance
Baca Juga : PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI 52 BANDA ACEH (NUR MANEH, 2017)