Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ENTERPRENEURSHIP DALAM PEMBINAAN DAN PENGEM…

Rozi Rahmatullah

PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS ENTERPRENEURSHIP DALAM PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN BAKAT WIRAUSAHA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI BANDA ACEH Oleh: Rozi Rahmatullah NPM: 2209200050024 Komisi Pembimbing: 1. Prof. Dr. Murniati, M. Pd. 2. Dr. Nasir Usman, M. Pd. ABSTRAK Pengelolaan pendidikan berbasis entrepreneurship dalam pembinaan bakat dan pengembangan bakat wirausaha peserta didik sangat penting untuk dilakukan. Dengan Pendidikan kewirausahaan peserta didik d…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN …

Samsuar

ABSTRAK Samsuar. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar dan Metakognitif Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 9 Banda Aceh. [Tesis. Universitas Syiah Kuala]. di bawah bimbingan Dr. Muhibuddin, M.S., dan Dr. Abdullah, M.Si Salah satu cara guna menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan hasil belajar dan kemampuan metakognitif pesertta didik adalah dnegan menerapkan model Problem Based Learning. Pen…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE DIPADU MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRU…

Liza Utami

Terbatasnya bahan bacaan dan pembelajaran yang kurang melatih keterampilan berpikir berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar serta menganalisis hubungan keduanya melalui penerapan model pembelajaran ICARE dipadu modul berbasis konstruktivisme. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah 196 peserta didik ke…

HUBUNGAN SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGER…

Zharifah Mahrusah

Self efficacy adalah keyakinan didalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu agar mendapatkan tujuan yang seperti diharapkan. Semakin tinggi self efficacy yang dimiliki oleh peserta didik maka semakin tinggi pula hasil belajar yang akan diperolehnya. Penelitian ini mengangkat masalah terkait hubungan self efficacy terhadap hasil belajar peserta didik SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan self efficacy terhadap hasil belajar peserta didik SD Ne…

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD …

Khairunnisa Annabila Hasan

Khairunnisa Annabila Hasan. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SD Negeri 44 Banda Aceh. Penelitian ini didasari oleh kenyataan bahwa lingkungan keluarga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tanggung jawab orang tua bukan hanya sekedar menyekolahkan anak, akan tetapi juga bertanggung jawab untuk membimbing dan mengawasi proses belajarnya. Peran lingkungan keluarga kepada anak tentunya sangat diperlukan agar dapat meningka…

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGA…

Rini Rizkini Yusuf

Rini Rizkini Yusuf (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning dengan Konteks Obat herbal Pembelajaran tentang obat herbal di sekolah saat ini masih kurang dan peserta didik hanya memperoleh pengetahuan secara turun temurun dari leluhurnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Project Based Learning dengan konteks obat herbal yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang …

PENGARUH PENDEKATAN ANDRAGOGI TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA…

Farza Safirda

Safirda, Farza. (2023). Pengaruh Pendekatan Andragogi terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Biologi. Pendekatan andragogi merupakan konsep pembelajaran orang dewasa dimana peserta didik diarahkan belajar mandiri untuk memecahkan permasalahan. Keterampilan pemecahan masalah peserta didik yang rendah dapat dilihat dari kurangnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar. …

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK ME…

Atikah Ayu Rizki

Atikah Ayu Rizki (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Keberhasilan belajar dalam dunia pendidikan ditentukan tidak hanya melalui faktor intelektual saja, melainkan faktor non intelektuan yang salah satunya adalah kecakapan peserta didik untuk memotivasi diri dalam belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat mengoptimalkan aktivitas dan inisiat…

KETERKAITAN ANTARA MISKONSEPSI DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PAD…

Eva Aini

Miskonsepsi menjadi salah satu permalasahan dan penghambat dalam pembelajaran bagi peserta didik dalam mempelajari dan memahami konsep. Peserta didik yang dapat memahami konsep tidak terlepas dari kemampuan literasi sains yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami peserta didik, profil kemampuan literasi sains serta keterkaitan antara miskonsepsi dan kemampuan literasi sains dari peserta didik pada materi pemanasan global. Metode penelitian yang…

PENGARUH IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING BERBASIS CHAT ROOM TERHADAP SELF EFFI…

Ria Andriani

ABSTRAK Ria Andriani (2023). Pengaruh Implementasi Blended Learning Berbasis Chat Room terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Gerak Manusia Self efficacy memiliki peranan penting dalam prestasi peserta didik, self efficacy yang tinggi akan mendorong peserta didik untuk berprestasi dan self efficacy yang rendah membuat peserta didik sulit untuk mencapai prestasi dalam belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi blended l…




    SERVICES DESK