Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD…

SITI JAMILAH

ABSTRAK Siti Jamilah (2023). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Permainan Uno Stacko dan Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Pada Pembelajaran Sejarah MAN 5 Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran NHT berbantuan media permainan uno stacko dan model pembelajaran PBL berbantuan media gambar pada pembela…

PERMAINAN TRADISIONAL GAYO ITIK-ITIKEN SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN SEJAR…

Sadikin Mawansah

ABSTRAK Sadikin Mawansah (2023). Permainan Tradisional Gayo Itik-Itiken Sebagai Media Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Kuta Panjang. Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dan untuk mengatasi hal tersebut diperlukan media yang tepat seperti media pembelajaran dengan permainan tradisonal yaitu media permainan itik-itiken Untuk meningkatkan keaktifan siswa. Tujuan utama dari penelitian ini a…

EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM TERAPI BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN …

Nurul wahdani

Kepercayaan diri adalah suatu perasaan yakin terhadap kemampuan diri sendiri untuk dapat meraih kesuksesan. Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang penting dan merupakan atribut yang sangat berharga bagi seseorang dalam kehidupannya, tanpa adanya kepercayaan diri akan menimbulkan banyak masalah sehingga kepercayaan diri merupakan sesuatu hal yang harus dimiliki setiap individu. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat uji validitas kelayakan media dan …

KONSEP TEORI PERMAINAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PERSAINGAN JASA TRANSPORTASI…

RIDHO PURNAMA GUSTIFA

Gojek dan Grab merupakan dua perusahaan jasa transportasi online terbaik dan terpopuler pada tahun 2021. Kesamaan dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan, membuat Gojek dan Grab saling bersaing satu sama lain dalam upaya meningkatkan keunggulan masing-masing perusahaan. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan yaitu perlu adanya strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang unggul di antara Gojek dan Grab berdasarkan perspektif mahasiswa F…

PENDATAAN KLUB OLAHRAGA FUTSAL PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KABUPATEN ACEH S…

ABDI HABIEBI SIREGAR

ABSTRAK Abdi Habiebi Siregar. 2022, “Pendataan Klub Olahraga Futsal Pada Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2021". Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd. (2) Drs. Abdurrahman, M.Kes. Kata Kunci: Pendataan, Futsal, Klub, Ekstrakurikuler. Penelitian ini berjudul "Pendataan Klub Olahraga Futsal Pada Sekolah Menengah Atas Se-Kabup…

  • Fakultas KIP / Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Banda Aceh - 2022
  • Baca Selengkapnya

PROSES PERMAINAN EDUKATIF WHELL SPINNING TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI…

Riszky Pahira

Alat permainan edukatif merupakan alat permainan yang dirancang untuk kepentingan pendidikan. Melalui alat permainan yang bervariasi akan menumbuhkan minat anak terhadap proses pembelajaran, oleh sebab itu salah satu cara dalam meningkatkannya adalah dengan menggunakan alat permainan edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses permainan edukatif whell spinning terhadap perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun di TK Bungong Seleupoek. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualit…

MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISION…

TIARA SAIDA PEBRIANI

Kata Kunci: Kecerdasan Kinestetik, Permainan Ular Naga, Anak Usia Dini Kecerdasan kinestetik anak usia dini yang dikembangkan melalui penelitian ini adalah koordinasi dan keseimbangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui permainan ular naga pada kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 07 Aceh Selatan. Permainan ular naga dilakukan secara berkelompok dengan membagi pemain menjadi dua kelompok dan dua orang menjadi gerbang pada saat berma…

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SUKA MISKIN PADA PEMBELAJARAN IPS SISW…

Hilda Maulidia

Kata Kunci: Efektivitas pembelajaran, Media permaianan suka miskin, Pembelajaran IPS Penelitian ini membahas tentang efektivitas penggunaan media permainan suka miskin pada pembelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negerti 4 Bireuen. Latar belakang masalah dalam penelitian ini ialah karena kurangnya variasi media pembelajaran yang menyebabkan siswa menjadi cepat jenuh dan bosan selama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Media Permainan Suka Miskin Pa…

MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DI T…

Riska Hayati

ABSTRAK Riska Hayati. 2020. (Mengembangkan Sosial Emosional Anak dengan Permainan Tradisional Engklek di TK IT Permata Sunnah Kota Banda Aceh). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.Pembimbing: (1) Dra. Fakhriah, M. Pd (2) Dina Amalia, S. Psi. M. Sc Kata kunci: Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Engklek Kemampuan sosial emosional anak sangat perlu di kembangkan sejak dini, salah satu cara mengemba…

TINGKAT PENGETAHUAN TIM RUGBY ACEH TENTANG PERATURAN PERMAINAN RUGBY UNION 7S…

LEO FIRMAN

ABSTRAK Firman Leo, 2020. Tingkat Pengetahuan Tim Rugby Aceh Tentang Peraturan Permainan Rugby Union 7s PON Ke XX Papua Tahun 2021Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Syamsulrizal, M.Kes (2) Ifwandi, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Tingkat , Pengetahuan, Peraturan Permainan, Rugby Union 7s. Provinsi Aceh yang sudah terbentuk sebuah tim rugby pada tahun 2…




    SERVICES DESK