Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGEMBANGAN PERANGKAT PERANGKAT PEMBELAJARAN PROYEK TENTANG MENU MAKANAN REN…

AQUILLA AL BUSHRA

Aquilla Al Bushra (2025). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Proyek tentang Menu Makanan Rendah Emisi Karbon untuk Menumbuhkan Numerasi Siswa pada Materi Pecahan di SMP. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Rahmah Johar, M.Pd. dan Dra. Bintang Zaura, M.Pd. Sektor rumah tangga merupakan salah satu penyumbang emisi karbon. Oleh karena itu, pengolahan makanan hendaknya dilakukan dengan cara yang memperhatikan upaya pengurangan emisi karbon. Guru diharapkan dapat …

ANALISIS KUALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY MATERI SISTEM SARAF…

MAULIZ SYAKIRA

Mauliz Syakira. (2024). Analisis Kualitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Inquiry Materi Sistem Saraf di SMA Negeri Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd. Sistem pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan Kurikulum Merdeka. Di beberapa SMA Negeri di Banda Aceh, salah satunya ialah SMA Negeri 5 Banda Aceh akan menerapkan kurikulum merdeka di kelas XI untuk pertama kalinya tahun ajaran 2024/2025. Penu…

VALIDASI PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PERANGKAT…

Maisyita Rahadatul Aisyi

Maisyita Rahadatul Aisyi. (2024). Validasi Perangkat Pembelajaran dan Persepsi Peserta Didik terhadap Perangkat Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) Materi Pengaruh NAPZA di SMA Negeri Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., dan Dra. Asiah MD., M.P.,. Sistem pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan Kurikulum Merdeka. Salah satu permasalahan dalam implementasi kurikulum merdeka ialah terbatasnya pengetahuan guru terkait…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DENGAN PENDEKATAN REALIS…

Rahil Izzati

Perkembangan era 4.0 menekankan penggunaan teknologi sebagai kunci dalam menghadapi era digital. Diperlukan perangkat pembelajaran berbasis digital untuk menghadapi era 4.0 dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis digital berupa video pembelajaran, liveworksheet, dan quizizz pada materi pecahan dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembanga…

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL INQUIRY TERBIMBING BERBANTUAN…

Stri Pertiwi

Model pembelajaran inquiry terbimbing merupakan aktivitas siswa yang menekankan secara maksimal untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan harus disesuaikan dengan sintaks/tahap pada model pembelajaran inquiry terbimbing. Beberapa perangkat pembelajaran telah dikembangkan untuk membantu guru dalam membuat bahan ajar, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak ditemukan guru yang belum menguasai atau memahami penggunaan teknologi terutama media pembela…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEN…

Natasya Zariani

Problem Based Learning merupakan penggunaan berbagai macam kecerdasan yang diperlukan untuk melakukan konfrontasi terhadap tantangan dunia nyata, kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleksitas yang ada. STEM adalah pendekatan pembelajaran terpadu yang menghubungkan pengaplikasian di dunia nyata dengan pembelajaran di dalam kelas yang meliputi empat disiplin ilmu yaitu ilmu pengetahuan alam (sains), teknologi, hasil rekayasa, dan matematiknya. Penelitian ini merupakan jen…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS KEISL…

Mardhiati

Mardhiati (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Keislaman pada Materi Aritmetika Sosial Matematika memegang peranan penting dalam perkembangan sikap dan pengetahuan peserta didik. Pembelajaran matematika dapat dipelajari melalui berbagai pendekatan konteks yang dekat dengan peserta didik agar terwujud hasil pembelajaran yang berkesan dan penuh makna. Hal ini dapat diaplikasikan dalam bentuk menggaktifkan kegiatan peserta didik melalui masala…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PA…

Lia Khaira

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dikembangkan melalui suatu pendekatan pembelajaran yaitu matematika realistik. Oleh karena itu, diperlukan rancangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ringkas namun memiliki tampilan yang menarik. Agar guru tidak kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, diperlukan contoh yang dapat dijadikan acuan bagi guru. Penelitian ini menghasilkan pera…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNU…

ULFA FITRIA

Pengintegrasian nilai budaya dalam pembelajaran matematika diperlukan untuk mendekatkan proses pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis melalui penyelesaian masalah dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan. Namun perangkat pembelajaran bernuansa etnomatematika untuk membangun kemapuan komunikasi matematis belum banyak dikembangkan dan diaplikasikan guru dalam proses pembelajaran, untuk itu diperlukan upaya untuk mengembangkan …

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKS…

MUTIA ZUHRA

ABSTRAK Mutia Zuhra (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika pada Materi Perbandingan. Penelitian pngembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika yang valid praktis dan efektif. Sesuai dengan kurikulum pendidikan 2013 mewajibkan setiap guru menyusun perangkat pembelajaran secara mandiri, perangkat pembelajaran yang disusun tentunya haru…




    SERVICES DESK