PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA…
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) mempunyai tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Berhasil tidaknya tergantung pada guru, karena komponen yang menentukan keberhasilan suatu program pembelajaran adalah guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian lima orang guru matematika. Teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) studi dokumentasi. Proses penerapan KBK dalam pembelajaran matematika belum mencapai tingkat ideal karena guru …
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF T…
ABSTRAK
Pembelajaran aktif yang dibentuk dengan mengarahkan peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuannya dan bekerjasama dalam kelompok merupakan ciri strategi model kooperatif tipe CORE. Model ini dapat diaplikasikan ke pembelajaran matematika terutama pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik pada materi garis singgung lingkaran melalui penerapan model kooperatif tipe CORE di kelas XIII SMPN 1 B…
PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI BANGUN RUA…
Kata kunci: Pem belajaran Multimedia Interaktif dan Bangun Ruang
Judul dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi bangun ruang di kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh. Siswa sering kali mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika dan umumnya pelajaran ini juga kurang menarik bagi siswa sehingga hasil belajarnya rendah. Dalam matematika salah satu materi pokok yang diajarkan adalah bangun ruang, yang k…