Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA…

Ahmad

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) mempunyai tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Berhasil tidaknya tergantung pada guru, karena komponen yang menentukan keberhasilan suatu program pembelajaran adalah guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian lima orang guru matematika. Teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) studi dokumentasi. Proses penerapan KBK dalam pembelajaran matematika belum mencapai tingkat ideal karena guru …

PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BILANGAN UNTUK PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN…

ESI YUNI SAHARA

Pelajaran matematika di sekolah bisa terasa membosankan bagi siswa. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik. Artikel ini mendeskripsikan pengembangan Puzzle Bilangan, sebuah media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran perkalian dan pembagian di SD. Pengembangan media mengikuti model pengembangan Plomp yang terdiri atas tiga tahap yaitu preliminary research, development, dan assessment. Teknik pengumpulan data melal…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN KONTEKS KEISL…

Mardhiati

Mardhiati (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik dengan Konteks Keislaman pada Materi Aritmetika Sosial Matematika memegang peranan penting dalam perkembangan sikap dan pengetahuan peserta didik. Pembelajaran matematika dapat dipelajari melalui berbagai pendekatan konteks yang dekat dengan peserta didik agar terwujud hasil pembelajaran yang berkesan dan penuh makna. Hal ini dapat diaplikasikan dalam bentuk menggaktifkan kegiatan peserta didik melalui masala…

ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MAHASISWA PLP II FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUAL…

ZIDNA RIZQA

Perubahan paradigma pendidikan pada abad 21 terus berkembang seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan tersebut merupakan cikal bakal dicetusnya beberapa keterampilan pembelajaran abad 21 yang harus dimiliki siswa, diantaranya critical thinking (berpikir kritis), communication (komunikasi), collaboration (kolaborasi) dan creativity (kreativitas) atau biasanya disebut keterampilan 4C. Mahasiswa kependidikan sebagai calon guru diharapkan mampu menerapkan pembelajaran aba…

EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KERAJINAN ROTAN MASYARAKAT LHOKNGA YANG DAPAT …

CICI PRASTIKA

Cici Prastika (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Kerajinan Rotan Masyarakat Lhoknga yang dapat diterapkan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Penelitian tentang nilai-nilai budaya dalam pembelajaran matematika belum banyak tersedia oleh para peneliti. Padahal, ini menjadi penting. Unsur-unsur matematika yang terdapat dalam budaya perlu dibahas lebih lanjut sehingga mampu memfasilitasi pembelajaran matematika yang bersifat kontekstual. Supaya dapat merealisasikan pembelajaran tersebut…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKS…

MUTIA ZUHRA

ABSTRAK Mutia Zuhra (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnomatematika pada Materi Perbandingan. Penelitian pngembangan perangkat pembelajaran ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika yang valid praktis dan efektif. Sesuai dengan kurikulum pendidikan 2013 mewajibkan setiap guru menyusun perangkat pembelajaran secara mandiri, perangkat pembelajaran yang disusun tentunya haru…

HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF T…

Rahma Tini

ABSTRAK Pembelajaran aktif yang dibentuk dengan mengarahkan peserta didik untuk membangun sendiri pengetahuannya dan bekerjasama dalam kelompok merupakan ciri strategi model kooperatif tipe CORE. Model ini dapat diaplikasikan ke pembelajaran matematika terutama pada pokok bahasan garis singgung lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik pada materi garis singgung lingkaran melalui penerapan model kooperatif tipe CORE di kelas XIII SMPN 1 B…

KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJAR…

ZARINA

Berpikir kreatif matematis adalah kemampuan yang esensial secara matematis dan wajib dimiliki oleh setiap siswa untuk mengembangkan dan menguasai matematika dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi barisan dan deret geometri siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu 5 siswa yang mewakili kemampuan berpikir kreatif kategori kr…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGINTEGRASIKAN KONTEK…

Ulvi Hayati

ABSTRAK Ulvi Hayati (2019), Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Mengintegrasikan Konteks Lokal melalui Model Problem Based Learning (PBL). Salah satu cara untuk melestarikan budaya daerah adalah melalui pendidikan formal yaitu dengan memuat konteks-konteks lokal dalam pembelajaran matematika. PBL adalah model pembelajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks. Dengan demikian dikembangkanlah sebuah perangkat pembelajaran matematika dengan meng…

PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI BANGUN RUA…

Nura Safrina

Kata kunci: Pem belajaran Multimedia Interaktif dan Bangun Ruang Judul dalam penelitian ini adalah pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif pada materi bangun ruang di kelas V SD Negeri 1 Banda Aceh. Siswa sering kali mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika dan umumnya pelajaran ini juga kurang menarik bagi siswa sehingga hasil belajarnya rendah. Dalam matematika salah satu materi pokok yang diajarkan adalah bangun ruang, yang k…




    SERVICES DESK