Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI SISWA PADA MATERI PECA…

CUT FEBRIYOLA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa yang selama ini hanya terfokus pada menghafal rumus-rumus untuk menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa dengan resiliensi tinggi, resiliensi sedang, dan resiliensi rendah pada materi pecahan di SMP Negeri 3 Montasik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Neg…

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN KONTEKS GLOBAL WARMING UNTUK MENING…

Nanda Maisari

ABSTRAK Nanda Maisari (2024). Penerapan Model Discovery Learning dengan Konteks Global Warming untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis dan Self Confidence pada Siswa MTS Kemampuan pemahaman matematis adalah kemampuan menyatakan kembali konsep matematika dengan bahasa sendiri, mengklasifikasikan objek-objek matematika, menerapkan konsep secara algoritma, menginterpretasikan gagasan atau konsep, mengaitkan berbagai konsep matematika. Siswa yang memiliki sifat tingkat selfconfidence…

PENERAPAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMAN…

Syamsuddin

Syamsuddin (2023) Penerapan Flipped Classroom dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa SMAN 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Penerapan model flipped classroom atau yang dikenal sebagai pembelajaran terbalik merupakan suatu pembelajaran yang disarankan dalam praktik pembelajaran akhir-kahir ini, termasuk pembelajaran matematika. Namun, penelitian yang menerapkan model tersebut dalam pembelajaran matematika untuk mengungkapkan peningkatan kemampuan pemahaman matematis, menganali…

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY…

Handa Maya Sari

ABSTRAK Handa Maya Sari. 2022. Kemampuan Pemahaman Matematis dan Konsep Diri Siswa melalui Model Discovery learning berbasis Aksi, Proses, Objek dan Skema Pemahaman matematika siswa masih rendah, oleh karena itu, diharapkan model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi level pemahaman siswa. Model yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman matematis dan konsep diri yaitu model discovery learning berbasis APOS. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman matematis dan …

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BAS…

Endang Astuty

Kemampuan pemahaman matematis penting dimiliki oleh siswa SMA. Namun kenyataan yang terjadi di SMAN 6 Banda Aceh, pemahaman matematis siswa masih belum mencapai ketuntasan sehingga mempengaruhi nilai akhir mata pelajaran matematika. Penyebab masalah tesebut dikarenakan pembelajaran berpusat kepada guru yang menjadikan pembelajaran tidak bermakna. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bermakna sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Salah satu model pembe…

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTU…

Desi Aria Mustika

ABSTRAK Desi Aria Mustika (2018). Pemahaman Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Pada Materi Integral Pemahaman matematis dan self-efficacy merupakan hal yang harus diperhatikan dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Namun berdasarkan studi awal di SMAN 1 Delima kedua hal tersebut masih rendah. Model pembelajaran yang diyakini dapat meningkatkan pemahaman matematis serta self-efficacy siswa yaitu model pembelajaran Quantum Teaching. Melalui m…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SIS…

Ulfanuriza

ABSTRAK Matematika perlu diberikan untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitik, sistematis, kritis, kreatif serta kemampuan bekerja sama. Salah satu tujuan pembelajaran matematika agar siswa mempunyai kemampuan pemahaman matematis. Namun fakta menunjukkan kualitas pendidikan matematika masih tergolong rendah. Kondisi ini disebabkan oleh rendahnya motivasi belajar siswa, model dan media yang digunakan selama proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman mat…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

TINGKAT KECEMASAN DAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PENERAPAN COLLABOR…

Wahyu N

ABSTRAK Wahyu. 2017. Tingkat Kecemasan dan Pemahaman Matematis siswa SMP dengan Penerapan Collaborative Teaching. Rendahnya pemahaman matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dapat menghambat dalam proses pembelajaran berikutnya, seperti pada materi persamaan linear dua variabel maupun pada mata pelajaran lainnya. Pemahaman yang rendah dapat menyebabkan munculnya kecemasan berat pada siswa begitu juga sebaliknya. Strategi collaborative teac…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEM…

Drs. Abubakar

Peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa dalam pembelajaran matematika sangat penting seperti yang dituangkan dalam kurikulum KTSP (2006) dan dipertegas dalam kurikulum Implementasi 2013. Penggunaan model pembelajaran tipe Numbered Head Together diharapkan dapat mencapai tujuan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan disposisi matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together,…

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN STRATEGI MATHE…

ZURAIDA IM

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan pemahaman matematis dan disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi MHM dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pre-test post- test control group design. Subjek populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sigli dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik ran…


    SERVICES DESK