Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING MODEL ROTATION BERBASIS MOODL…

Ulan Dari

Motivasi siswa untuk belajar merupakan aspek utama untuk mencapai keberhasilan siswa. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Kutacane masih tergolong kurang, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh pendekatan blended learning tipe station rotation terhadap perbedaan motivasi dan kemampuan kognitif setelah penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen den…

MOTIVASI SISWA TERHADAP PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMA NEGERI…

Dibra Farras Fahima

abstrak Kegiatan ekstrakurikuler adalah program kurikuler yang alokasi waktunya tidak ditetapkan dalam kurikulum, motivasi adalah dorongan manusia untuk bertindak dan berperilaku untuk melakukan aktifitas. yang menjadi rumusan masalah yaitu Bagaimana Motivasi Siswa Terhadap Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bola Basket di SMA Negeri 2 Banda Aceh?. tujuan yaitu untuk mengetahui Motivasi Siswa Terhadap Pelaksanaan Ekstrakurikuler Bola Basket di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Penelitian ini termasuk jenis …

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKA…

INTAN ZAHARA

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi siswa melalui penerapan model Discovery Learning berbasis media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa pada konsep pencemaran lingkungan di SMA Negeri Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian pretest posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di tiga sekolah yaitu SMAN 1 …

  • Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAI…

HASBALLAH

Hasballah, 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di SMA Negeri Wilayah Jeunieb Kabupaten Bireuen Pembimbing I Prof. Dr. Djufri, M. Si, Pembimbing II Dr. Hasanuddin, M. Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek (PjBL) terhadap keterampilan proses sains, motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pertumbuhan dan perkembangan…

  • Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNT…

YUVERNI SELVY

ABSTRAK Yuverni Selvy (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Motivasi Siswa SMA. Sebagian besar guru dalam menyusun butir soal cenderung hanya mengukur kemampuan berpikir tingkat rendah sehingga proses-proses pemikiran tingkat tinggi termasuk berpikir kreatif jarang dilakukan. Tatanan pemikiran yang lebih tinggi dapat memberikan motivasi siswa mengembangkan kreativitas, melalui kreat…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA SMAIT AL FITYAN SCHOOL ACEH PADA MATERI TRIG…

Zulfikar

Dalam pembelajaran matematika pemilihan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran yang diajarkan akan sangat berpengaruh terhadap meningkatnya motivasi siswa dalam belajar serta memaksimalkan pencapaian hasil belajar. Salah satu model pembelajaran yang disarankan di dalam kurikulum 2013 adalah model discovery learning. Model discovery learning memiliki karekteristik yaitu lebih menekankan pada ditemukannya konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui s…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYA…

Mauliana

ABSTRAK Mauliana (2018). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Peta konsep. Pembelajaran matematika yang melibatkan siswa secara aktif dalam menyelesaikan masalah kontekstual dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa. Akan tetapi, kenyataan di lapangan menunjukkan kurangnya keterlibatan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada pe…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA DENGAN MODEL PEMBELA…

HILDA RESTINA

ABSTRAK Hilda Restina. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Siswa dengan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah dan kurang diperhatikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika. Siswa kurang dilatih mengerjakan soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah. Siswa masih kurang terampil dalam menyelesaikan soal yang dapat menggali kemampuan pemecahan masalah siswa dan kreativitas siswa, sehingga siswa kurang minat dal…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN…

Samsulimi

Samsulimi. 2016. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas XI MAN Blangpidie. Pembimbing 1 Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd. Pembimbing 2, Dr. Safrida, S.Pd., M.Si ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi, hasil belajar, dan hubungan antara motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencerna…

  • Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

PERBEDAAN HASIL BELAJARDANMOTIVASI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DENGAN…

ULYA AZRA

Ulya Azra 2017. Perbedaan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan dengan Menggunakan Media Audio Visual di Pesantren Modern Kota Banda Aceh. Pembimbing I Dr. Cut Nurmaliah, M.Si,. Pembimbing II Dr. Ismul Huda, M.Si. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa putra dan putri pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 05 Februari sampai 28 Februari 2017. …

  • Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK