Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITI…

RAIHAN FAHIRA

Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah memiliki keterkaitan dengan kemampuan berpikir kritis dikarenakan Problem based learning dapat membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Meskipun begitu guru masih kurang mengembangkan model-model pembelajaran yang ada, sehingga peserta didik masih pasif dan kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran hal ini lah yang mempengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa. Rumusan masalah dalam penelit…

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS GOOGLE SITES MENGGUNAKAN MODEL PR…

Faraz Rizky Amelia

ABSTRAK Faraz Rizky Amelia. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Fisika berbasis Google Sites menggunakan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar di SMAN 1 Darul Imarah. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Nurulwati, M.Pd., CIT., dan Dra. Susanna, M.Pd. Penerapan teknologi dan inovasi dalam model pembelajaran fisika masih terbatas, sehingga peserta didik sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak dan kompleks yang berdampak pada ren…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARN…

Rina Wahyuni

Rina Wahyuni. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Dra. Yuhasriati, M.Pd. dan Dr. Dwi Fadhiliani, S.Pd., M.Mat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran menggunakan model Problem Based Lea…

HASIL BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED…

Istiqamah

Istiqamah. (2024). Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Model Problem Based Learning di SMPN 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. M. Hasbi, M.Pd., dan Dr. Dwi Fadhiliani, S.Pd., M.Mat. Rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar disebabkan beberapa faktor, diantaranya kurangnya minat siswa dalam belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa …

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISW…

SELVINA ELITA

ABSTRAK Selvina Elita. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA N 4 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Drs. Abdul Wahab Abdi M.Si., dan Ruliani S.Pd, M.Pd. Pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan, fungsi sekolah sangat penting melalui proses pembelajaran. Pembelajaran merup…

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI KONTEKS ISLAMI PADA MATER…

NUR AKMALINA

Aceh sebagai daerah istimewa yang memiliki hak-hak otonomi khusus dalam bidang agama, adat, dan pendidikan. Melalui pendidikan dapat menjadikan terobosan baru dalam menegakan syariat islam di Aceh. Tujuan penelitian ini adalah melalui pendekatan model problem based learning terintegrasi konteks islami siswa dapat mencapai ketuntasan hasil belajar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah pre experimental design atau desain eksprimen yang tidak…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEN…

Natasya Zariani

Problem Based Learning merupakan penggunaan berbagai macam kecerdasan yang diperlukan untuk melakukan konfrontasi terhadap tantangan dunia nyata, kemampuan untuk menghadapi segala sesuatu yang baru dan kompleksitas yang ada. STEM adalah pendekatan pembelajaran terpadu yang menghubungkan pengaplikasian di dunia nyata dengan pembelajaran di dalam kelas yang meliputi empat disiplin ilmu yaitu ilmu pengetahuan alam (sains), teknologi, hasil rekayasa, dan matematiknya. Penelitian ini merupakan jen…

PERBANDINGAN MODEL PROBLEM SOLVING (PS) DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL…

VIRA FAZIRA

Model pembelajaran problem solving dan model problem based learning sama-sama merupakan model pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat pemahaman konsep siswa pada pembelajaran fisika dengan menggunakan model problem solving dan model problem based learning. Model yang digunakan adalah model kuantitatif. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan eksperimen dengan desain eksperimen semu. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 …

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BAS…

Endang Astuty

Kemampuan pemahaman matematis penting dimiliki oleh siswa SMA. Namun kenyataan yang terjadi di SMAN 6 Banda Aceh, pemahaman matematis siswa masih belum mencapai ketuntasan sehingga mempengaruhi nilai akhir mata pelajaran matematika. Penyebab masalah tesebut dikarenakan pembelajaran berpusat kepada guru yang menjadikan pembelajaran tidak bermakna. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bermakna sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Salah satu model pembe…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNU…

ULFA FITRIA

Pengintegrasian nilai budaya dalam pembelajaran matematika diperlukan untuk mendekatkan proses pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis melalui penyelesaian masalah dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan. Namun perangkat pembelajaran bernuansa etnomatematika untuk membangun kemapuan komunikasi matematis belum banyak dikembangkan dan diaplikasikan guru dalam proses pembelajaran, untuk itu diperlukan upaya untuk mengembangkan …




    SERVICES DESK