Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN HASI…

Satira Erma Roza

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam mengajar atau perantara pesan yang ingin disampaikan. Salah satu media yang bisa digunakan oleh guru dalam pembelajaran adalam media macromedia flash karena media ini mempunyai kelebihan yang bisa menarik perhatian siswa dengan perhatian tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media macromedia flash dalam mata pelajaran ekonomi …

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA ALJABAR QUEST PADA MATERI BENTUK ALJABAR…

Riski Amran Saleh

Riski Amran Saleh. (2025) Pengembangan Game Edukasi Matematika Aljabar Quest pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Mukhlis Hidayat, S.Pd., M. Kom,. dan Dra Bintang Zaura, M.Pd. Perkembangan teknologi berperan penting dalam dunia pendidikan, termasuk dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Salah satu cara pemanfaatan teknologi dalam pendidikan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pem…

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

ANNISA

Annisa, (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Terhadap Hasil Belajar Fisika [skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. Abdul Hamid M.Si dan Dra. Elisa, M.Si. Pengunaan media interaktif ¬disekolah masih belum diterapkan dengan maksimal menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan media pembelajaran berbasis adobe flash. Jenis penelitian yang digunakan …

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS SOFTWARE BLENDER UNTUK MENI…

Desi Fitriani

ABSTRAK Desi Fitriani (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Software Blender Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Bendahara. Proses pembelajaran memerlukan media untuk mendukung pembelajaran. Guru mengalami kesulitan dalam mengajar dan kurangnya minat belajar peserta didik, sehingga mengakibatkan rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut didasari karena masih banyak guru yang kesulitan menerapkan teknologi dalam …

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TUTUP BOTOL PINTAR PADA PELAJARAN SEJARAH SM…

Surianti

Surianti. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Pada Pelajaran Sejarah SMAN 13 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Dra. Sakdiyah, M.Si., dan Abdul Azis, S.Pd. M.Pd. Penelitian ini dilakukan karena masih banyak guru yang belum memaksimalkan media dalam proses pembelajaran. Media Tutup Botol Pintar ini merupakan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti dari media aslinya ke dalam bentuk yang lebih menarik. Penelitian ini bertuju…

PENGEMBANGAN VIDEO PRODUKSI MINUMAN DARI BUNGA TELANG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJA…

ELEN TRIANI

Penelitian pengembangan media pembelajaran berupa video pada materi sistem pengelolaan pangan fungsional pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dilatarbelakangi oleh penggunaan video pembelajaran yang kurang interaktif, kurang informatif, dan menambah kemandirian media pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran pada materi sistem manajemen pangan fungsional dan menguji validitas, kepraktisan dan keefektifannya dengan menggunakan metode R&D dan …

PENGGUNAAN APLIKASI DESAIN ONLINE UNTUK MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PADA PROGR…

MIFTAHUL JANNAH

Pembuatan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi berupa aplikasi desain online menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan guru dalam menyusun media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media yang dibuat guru di sekolah penggerak jenjang PAUD dengan memanfaatkan aplikasi desain online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik wawancara, observasi, dan dokume…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK MELALUI PROJECT BASED LEARNING…

Supianti

ABSTRACT Supianti. (2024). Development of TPACK-Based Learning Media Through Project Based Learning (PjBL) to Improve History Learning Outcomes of Class X Students of SMK Negeri 1 Mesjid Raya. Under the guidance of Drs. Mawardi, M.Hum., M.A and Muhammad Haikal, S.Pd., M.Pd. Low student learning outcomes are often caused by poor understanding of concepts and lack of concentration during learning. Learning outcomes can be improved if each learning process uses interesting media. This study ai…

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUDIO VISUAL PADA MATERI SIKLUS AIR DI…

AUFA FEBRYNA

Dalam melakukan pembelajaran siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran dikarenakan guru masih kurang dalam menggunakan media pembelajaran pada materi siklus air. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Siklus Air Di Kelas V SDN Lambaro Angan?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Media pembelajaran berbasis Audio Visual pada materi Siklus Air di SDN Lambaro Angan. Pendekatan dalam pene…

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MAGAZINE BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATER…

Nadiya Riska

Rendahnya motivasi belajar siswa merupakan fenomena yang masih sering dijumpai dalam proses pembelajaran di kelas. Pembelajaran dengan media utama buku teks dilihat belum mampu meningkatkan motivasi belajar. Penelitian bertujuan mengembangkan media pembelajaran e-magazine berbasis kearifan lokal pada materi mitigasi bencana alam untuk memvariasikan cara penyajian materi dari buku teks yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian berpedoman pada pende…




    SERVICES DESK