Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI SISWA PADA MATERI PECA…

CUT FEBRIYOLA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman matematis siswa yang selama ini hanya terfokus pada menghafal rumus-rumus untuk menyelesaikan soal matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kemampuan pemahaman matematis siswa dengan resiliensi tinggi, resiliensi sedang, dan resiliensi rendah pada materi pecahan di SMP Negeri 3 Montasik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-3 SMP Neg…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PECAHAN DENGAN KONTEKS ISLAMI DI KELA…

IRA YANA

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa. Namun saat ini kemampuan pemecahan masalah siswa sebagian besar belum seperti yang diharapkan. Kemampuan pemecahan masalah dapat berkembang apabila permbelajaran yang dilaksanakan dikaitkan dengan kehidupan nyata yang dekat dengan siswa, salah satunya dengan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai Islami. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pembelajaran yang menginteg…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PA…

Lia Khaira

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dikembangkan melalui suatu pendekatan pembelajaran yaitu matematika realistik. Oleh karena itu, diperlukan rancangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ringkas namun memiliki tampilan yang menarik. Agar guru tidak kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, diperlukan contoh yang dapat dijadikan acuan bagi guru. Penelitian ini menghasilkan pera…

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR…

REZKI ANANDA AMALIYA

Rendahnya hasil belajar matematis siswa disebabkan oleh banyak faktor, salah satu di antaranya yaitu penerapan model pembelajaran yang kurang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Pecahan di SMP Negeri 2 Kejuruan Muda Aceh Tamiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan ran…

HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PECAH…

Deni Suryanda

ABSTRAK Suryanda, Deni. 2016. Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pecahan di Kelas VII MTsN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : Dra. Suryawati, M.Pd (2) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd Kata Kunci : hasil belajar, pendekatan saintifik, materi pecahan Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menduduki peranan penting d…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

PENERAPAN STRATEGI KONFLIK OGNITIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA SISWA SEK…

Dewi Fitri

Miskonsepsi yang dimiliki siswa dapat menghambat proses konstruksi pengetahuan berikutnya, sehingga perlu diupayakan untuk mengubah miskonsepsi menjadi konsep ilmiah. Materi pecahan merupakan materi ajar yang sukar dipahami siswa sehingga menimbulkan berbagai macam miskonsepsi pada siswa kelas V. Miskonsepsi pada materi pecahan terjadi pada aspek mengenal bentuk pecahan, membandingkan, mengurutkan, melakukan operasi penjumlahan, dan operasi pengurangan pecahan. Mengubah konsepsi siswa yang ke…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

RESPON SISWA SELAMA BERMAIN GAME MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PAD…

Husnul Khatimah

Husnul Khatimah (2016). Respon Siswa Selama bermain Game melalui Penerapan Model Quantum Teaching pada Materi Pecahan di Kelas V SD. Materi pecahan masih sering dipahami sebagai materi yang bersifat abstrak sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pecahan secara benar. Melalui model quantum teaching diharapkan guru mampu membuat materi pecahan lebih mudah dipahami siswa dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian siswa mampu memper…

STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERKAIT MAKNA BILANGAN …

Nurul Amalia

ABSTRAK Kata Kunci :strategi penyelesaian masalah, number sense Berbagai macam soal dalam matematika mempunyai kekhasan dan memerlukan strategi yang khas pula untuk menyelesaikannya. Dalam menentukan strategi penyelesaian masalah tersebut, siswa diharapkan dapat memilih strategi yang fleksibel dan efektif, yaitu dengan melandaskan pemikirannya pada makna bilangan (number sense). Seseorang dengan pemahaman number sense yang baik akan memberikan pemahaman yang baik pula tentang arti dan hubun…

PENGUASAAN MATERI PECAHAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI …

Ridha Yuniara

ABSTRAK Kata kunci: Penguasaan Materi Pecahan dan Kemampuan Prasyarat Penelitian yang berjudul “Penguasaan Materi Pecahan dan Hubungannya dengan Kemampuan Siswa pada Materi Prasyarat di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015” ini mengangkat masalah: 1) Apakah penguasaan siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh telah mencapai ketuntasan? 2) Apakah kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh telah mencapai ketuntas…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA M…

Nur Afni Zahara

ABSTRAK Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, Hasil Belajar, Pecahan. Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antar siswa dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Dengan menerapkan …




    SERVICES DESK