PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PA…
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dikembangkan melalui suatu pendekatan pembelajaran yaitu matematika realistik. Oleh karena itu, diperlukan rancangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik yang menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ringkas namun memiliki tampilan yang menarik. Agar guru tidak kesulitan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, diperlukan contoh yang dapat dijadikan acuan bagi guru. Penelitian ini menghasilkan pera…
HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PECAH…
ABSTRAK
Suryanda, Deni. 2016. Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pecahan di Kelas VII MTsN Model Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
Dra. Suryawati, M.Pd (2) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd
Kata Kunci : hasil belajar, pendekatan saintifik, materi pecahan
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menduduki peranan penting d…
- FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
- Baca Selengkapnya
RESPON SISWA SELAMA BERMAIN GAME MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PAD…
Husnul Khatimah (2016). Respon Siswa Selama bermain Game melalui Penerapan Model Quantum Teaching pada Materi Pecahan di Kelas V SD.
Materi pecahan masih sering dipahami sebagai materi yang bersifat abstrak sehingga masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pecahan secara benar. Melalui model quantum teaching diharapkan guru mampu membuat materi pecahan lebih mudah dipahami siswa dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian siswa mampu memper…
STRATEGI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERKAIT MAKNA BILANGAN …
ABSTRAK
Kata Kunci :strategi penyelesaian masalah, number sense
Berbagai macam soal dalam matematika mempunyai kekhasan dan memerlukan strategi yang khas pula untuk menyelesaikannya. Dalam menentukan strategi penyelesaian masalah tersebut, siswa diharapkan dapat memilih strategi yang fleksibel dan efektif, yaitu dengan melandaskan pemikirannya pada makna bilangan (number sense). Seseorang dengan pemahaman number sense yang baik akan memberikan pemahaman yang baik pula tentang arti dan hubun…
PENGUASAAN MATERI PECAHAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI …
ABSTRAK
Kata kunci: Penguasaan Materi Pecahan dan Kemampuan Prasyarat
Penelitian yang berjudul “Penguasaan Materi Pecahan dan Hubungannya dengan Kemampuan Siswa pada Materi Prasyarat di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2014/2015” ini mengangkat masalah: 1) Apakah penguasaan siswa pada materi pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh telah mencapai ketuntasan? 2) Apakah kemampuan siswa pada materi prasyarat di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh telah mencapai ketuntas…
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA M…
ABSTRAK
Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS, Hasil Belajar, Pecahan.
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model yang dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran kooperatif merupakan suatu pembelajaran yang mengutamakan kerjasama antar siswa dalam kelompok-kelompok kecil untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif mempunyai beberapa tipe, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Dengan menerapkan …