Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA PADA MADR…

Khazanatul khairat

ABSTRAK Supervisi yang dilakukan oleh supervisor merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan kompetensi guru. Guru merupakan penentu keberhasilan pendidikan melalui kinerjanya pada tataran institusional dan eksperiensial, sehinggauapaya meningkatkan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek "guru"dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut kualitas keprofesionalannya maupun kesejahteraan dalam satu manajemen pendidikan yang professional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrip…

EFEKTIVITAS MANAJAMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SMP NEGERI MUTIARA KABUPAT…

Cut Relina

Efektivitas manajemen pembelajaran merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tentang perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada SMP Negeri Mutiara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru mate…

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI MATEMATIKA ALJABAR QUEST PADA MATERI BENTUK ALJABAR…

Riski Amran Saleh

Riski Amran Saleh. (2025) Pengembangan Game Edukasi Matematika Aljabar Quest pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Mukhlis Hidayat, S.Pd., M. Kom,. dan Dra Bintang Zaura, M.Pd. Perkembangan teknologi berperan penting dalam dunia pendidikan, termasuk dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Salah satu cara pemanfaatan teknologi dalam pendidikan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pem…

PENERAPAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA…

Ahmad

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) mempunyai tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Berhasil tidaknya tergantung pada guru, karena komponen yang menentukan keberhasilan suatu program pembelajaran adalah guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian lima orang guru matematika. Teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) studi dokumentasi. Proses penerapan KBK dalam pembelajaran matematika belum mencapai tingkat ideal karena guru …

KEMAMPUAN PENALARAN SISWA MELALUI SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA DENGAN KONTEKS S…

Bungsu Aulia Fahmi

ABSTRAK Bungsu Aulia Fahmi. (2024). Kemampuan Penalaran Siswa melalui Soal Olimpiade Matematika dengan Konteks Stunting Berbantuan Augmented reality. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd., dan Dewi Annisa, S.Pd., M.Pd. Kemampuan penalaran merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk berpikir secara logis dan menarik kesimpulan dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa dalam …

HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI…

Ardian Syahputra

Ardian Syahputra. (2024). Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT di SMPN 13 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Usman, S.Pd., M.Pd., dan Drs. M. Hasbi, M.Pd. Rendahnya hasil belajar matematika siswa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya penerapan model pembelajaran yang kurang sesuai dengan karakteristik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar matematika siswa melalui pe…

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATERI MATEMATIKA DI…

Putri Andaiyani

ABSTRAK Andaiyani, Putri. 2018.kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran tematik pada materi matematika di kelas II SD Negeri Unggul Lampeuneurut Aceh Besar.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Fauzi M.Pd., (2)Dra. Hasmiana Hasan, M.Si. Kata Kunci:Kemampuan Guru, Mengelola Pembelajaran Tematik, Matematika Dalam konteks belajar mengajar kemampuan guru…

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARN…

Rina Wahyuni

Rina Wahyuni. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Dra. Yuhasriati, M.Pd. dan Dr. Dwi Fadhiliani, S.Pd., M.Mat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran menggunakan model Problem Based Lea…

PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY

Dziya Ulhaq Defa

PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY ABSTRAK Di zaman digital yang sedang berlangsung saat ini, pendidikan semakin banyak mengalami transformasi melalui integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Game edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep. Game ini adalah petualangan matematika interaktif yang dimulai dengan tampilan main menu yang mencakup opsi "Start", "Instruction", dan "Quit". Pemain mengendalika…

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1…

Novira Shela Riska

Pembelajaran online mulai umum dilaksanakan karena pandemi Covid-19, yakni dengan menggunakan media sosial, salah satunya WhatsApp. WhatsApp telah digunakan oleh beberapa peneliti untuk melihat keefektifannya sebagai media penyampaian materi pembelajaran, pengaruhnya terhadap minat belajar, proses belajar, keaktifan siswa dalam pembelajaran online, waktu belajar, konsentrasi belajar dan perilaku menunda pekerjaan rumah. Namun penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh WhatsApp terhad…




    SERVICES DESK