Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARN…

Rina Wahyuni

Rina Wahyuni. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 10 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Dra. Yuhasriati, M.Pd. dan Dr. Dwi Fadhiliani, S.Pd., M.Mat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengatasi hal tersebut adalah pembelajaran menggunakan model Problem Based Lea…

PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY

Dziya Ulhaq Defa

PEMBUATAN GAME 3D PETUALANGAN MATEMATIKA EDUKASI MENGGUNAKAN SOFTWARE UNITY ABSTRAK Di zaman digital yang sedang berlangsung saat ini, pendidikan semakin banyak mengalami transformasi melalui integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Game edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep. Game ini adalah petualangan matematika interaktif yang dimulai dengan tampilan main menu yang mencakup opsi "Start", "Instruction", dan "Quit". Pemain mengendalika…

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 1…

Novira Shela Riska

Pembelajaran online mulai umum dilaksanakan karena pandemi Covid-19, yakni dengan menggunakan media sosial, salah satunya WhatsApp. WhatsApp telah digunakan oleh beberapa peneliti untuk melihat keefektifannya sebagai media penyampaian materi pembelajaran, pengaruhnya terhadap minat belajar, proses belajar, keaktifan siswa dalam pembelajaran online, waktu belajar, konsentrasi belajar dan perilaku menunda pekerjaan rumah. Namun penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh WhatsApp terhad…

PENGEMBANGAN E-COMIC MATEMATIKA KONTEKS BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DA…

Dani Farhan

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi hasil belajar dan motivasi siswa. Media pembelajaran yang disajikan sebaiknya memuat konteks yang dekat dengan dunia siswa salah satunya konteks budaya. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu komik digital (e-comic) matematika konteks budaya pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik e-comic matematika kontek…

APLIKASI METODE HUNGARIAN UNTUK JADWAL MATA KULIAH DI DEPARTEMEN MATEMATIKA F…

INTAN SARI

Penjadwalan mata kuliah merupakan permasalahan yang kompleks. Secara umum penjadwalan mata kuliah adalah masalah optimasi pengaturan waktu dan ruang yang seringkali terbatas secara bersamaan. Setiap Univesitas memiliki masalah penjadwalan mata kuliah yang berbeda-beda dan menghasilkan solusi yang berbeda pula. Hal tersebut dilatar belakangi oleh berbedanya batasan-batasan yang dipakai dan tujuan yang ingin diperoleh. Terdapat berbagai kendala, seperti mata kuliah, jumlah mahasiswa, ruang, ha…

EFEKTIVITAS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMER…

Saiful Ahyar

ABSTRAK Saiful Ahyar. 2023. Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa SMP. Pembelajaran matematika seringkali didominasi oleh hafalan rumus dan prosedur yang tidak ada kaitannya dengan dunia nyata. Akibatnya siswa kurang termotivasi dan kesulitan menghubungkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan Matematika Realistik (PMR) memberi kesempatan kepada siswa untuk menemukan konsep secara mandiri untuk memecahkan masalah matem…

  • Program Study Magister Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah, Banda Aceh - 2023
  • Baca Selengkapnya

KETERLIBATAN SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA M…

RIFKA YANI FITRA

Rifka Yani Fitra (2021) Keterlibatan siswa ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Mata Pelajaran Matematika. siswa masih kurang terlibat dalam proses belajar mengajar dikelas pada mata pelajaran matematika. Kurangnya keterlibatan siswa mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi lemah.Kendala yang dihadapi siswa diantaranya sulit membangun rencana, kesalahan dalam mengoprasionalkan rencana, dan salah dalam menarik simpulan. Tujuan penelitian ini untuk menge…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN M…

Ma Ul Uyun

Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Namun, siswa masih memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah. Siswa belum terbiasa menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah yang tepat pada soal-soal non rutin. Salah satu model pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi secara benar untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model pembelajaran flipped classroom. Penelitian ini bertujuan membandingkan kema…

KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTI…

NOVI MUTIA DANISA

Matematika menjadi salah satu bidang studi penting yang harus dipelajari siswa, akan tetapi masih banyak siswa yang kurang menyukai bidang studi ini. Salah satu materi yang sulit difahami adalah materi perbandingan senilai dan berbalik nilai, terdapat salah satu jenis soal pada materi perbandingan yaitu soal cerita. Soal cerita adalah soal yang berisikan deskripsi singkat yang dekat dengan kehidupan siswa. Akan tetapi tidak semua siswa bisa menyelesaikan soal cerita, maka salah satu upaya yan…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP KMEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH M…

Nomita Sari

Nomita Sari. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aljabar Kelas VII Di SMP Negeri 3 Simeulue Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah yaitu masih rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendorong kemampuan pemecahan masalah siswa adalah model pembelajaran generatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model…




    SERVICES DESK