Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUN…

Saidatun Nisak

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan matematis yang sangat penting dan perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika, karena dapat membantu pembelajaran siswa tentang konsep matematika ketika mereka memerankan situasi, menggambar, menggunakan objek, memberikan laporan dan penjelasan secara lisan maupun tulisan. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa hasil pembelajaran matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis masih rendah yang disebabkan oleh siswa kurang mem…

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODE…

Sulis Kurniawati

Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan mempresentasikan ide matematika melalui notasi, simbol, atau gambar. Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan komunikasi matematis yang baik. Sedangkan pada kenyataannya, keterampilan peserta didik dalam menyampaikan ide matematika belum memenuhi harapan. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah pembelajaran yang diterapkan guru masih terbatas, sehingga peserta didik sulit untuk mengkomunikasikan gagasannya. Salah satu alternatif yang dapat…

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERNU…

ULFA FITRIA

Pengintegrasian nilai budaya dalam pembelajaran matematika diperlukan untuk mendekatkan proses pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematis melalui penyelesaian masalah dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan. Namun perangkat pembelajaran bernuansa etnomatematika untuk membangun kemapuan komunikasi matematis belum banyak dikembangkan dan diaplikasikan guru dalam proses pembelajaran, untuk itu diperlukan upaya untuk mengembangkan …

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MEL…

HIDAYATI

Matematika dapat mengembangkan pemikiran kritis, kreatif, sistematis, dan logis. Tujuan pembelajaran metematika menurut NCTM untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan minat siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Lea…

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN P…

Marniar Ningsih

Kemampuan komunikasi matematis mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Sehingga diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Salah satunya adalah model pembelajaran CORE (Connecting Organizing, Reflecting, Ekstending). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui model pe…

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PAD…

Nurul Asmita

Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dipengaruhi oleh pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga dibutuhkan solusi yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa serta merangsang keaktivan siswa dalam pembelajaran. Model Problem Based Learning (PBL) merupakan alternatif yang dapat digunakan, karena model PBL merangsang siswa melalui masalah yang ada pada kehidupan sehari-hari sehingga siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah …

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOM…

FAURINA RINANDA

ABSTRAK Faurina Rinanda (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan selama pembelajaran guru langsung menjelaskan materi dan menyelesaikan contoh soal kurang melibatkan siswa. Keadaan ini menyebabkan siswa kurang aktif berinteraksi dan kurang mandiri. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kem…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PAD…

Tria Tiara Mora S.

ABSTRAK Tiara, Tria Mora S. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMPN 2 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Bainuddin Yani S., M.S., M.Pd. (2) Dra. Bintang Zaura, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Problem Based Learning, Aritmatika Sosial Komunikasi matematis merupakan salah satu kema…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2016
  • Baca Selengkapnya

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERB…

LIZA RAHMAH

ABSTRAK Liza Rahmah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri melalui ELPSA Framework Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dibekalkan kepada siswa dalam pendidikan di Indonesia. Salah satu materi yang memerlukan kemampuan komunikasi adalah trigonometri, khususnya dalam memvisualisasi grafik fungsi trigonometri. Pembelajaran yang tidak mengarahkan siswa dalam mengkonstruk ide-ide yang…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

PENGEMBANGAN SOAL KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SETARA P…

Aulia Maqshum

ABSTRAK Selama ini siswa terbiasa menyelesaikan soal-soal yang bersifat rutin sehingga tidak menantang kemampuan literasi, problem solving, dan kemampuan komunikasi matematis. Akibatnya prestasi siswa Indonesia pada PISA adalah rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal kemampuan problem solving dan komunikasi matematis siswa setara PISA dengan konteks Aceh yang valid, praktis dan memiliki efek potensial. Jenis penelitian ini adalah research and development tipe form…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK