Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN…

Cut Nurul Fitri

ABSTRAK Model inkuiri merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan proses belajar siswa, yang mana bertujuan mengembangkan keterampilan berpikir secara kritis dan kreatif sekaligus melatih keterampilan berkolaborasi secara terbuka bagi siswa. Etnosains merupakan pengetahuan yang dimiliki oleh suatu bangsa atau suatu suku bangsa atau kelompok sosial tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa dengan menerapka…

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FISI…

Ananda Muliyana

Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih sangat rendah sehingga hasil belajar yang dicapai oleh siswa juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen yang menggunakan desain pretest-postest non-equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik…

OPTIMALISASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI MODELPJBL- STEM UNTUK MENINGKATKAN K…

Khairun Nisah

Pembelajaran fisika merupakan mata pelajaran yang kompleks dan membutuhkan pemahaman yang luar biasa. Berdasarkan hasil wawancara di SMAN 4 DKI Jakarta, di Banda Aceh, belum pernah dilakukan tes keterampilan berpikir kritis dan belum ada pembelajaran yang mengarah pada keterampilan tersebut serta kurangnya tanggung jawab siswa dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran fisika melalui model PjBL-STEM (Project-Based Learning-Science, Technology, Engin…

PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DIPADU PETA KONSEP UNTUK MENINGKATK…

Nurpazilah

Nurpazilah: “Penerapan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Dipadu Peta Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Kabupaten Simeulue” Pembimbing I: Dr. Hafnati Rahmatan, M. Si., Pembimbing II: Dr. Muhibbuddin, M.S ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan jelajah alam sekitar dipadu peta konsep dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada materi keanekaragaman …

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN VIDEO TERHADAP KETER…

Rahmaniar

ABSTRAK Rahmaniar (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Di SMPN 4 Banda Aceh. Model pembelajaran probing prompting berbantuan video merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan video terh…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION DIPADU BAHAN AJAR…

MAKAWIYAH

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan model Pembelajaran Learning Start With a Question dipadu Bahan Ajar dengan model Pembelajaran Konvensional. Metode yang digunakan adalah pretestposttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah Kelas XI SMAN Sigli dengan jumlah 44 peserta didik untuk tiap seko…

KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP PADA…

Sela Nur Shadiqah

Keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan yang menjadi tuntutan keterampilan yang harus dikembangkan pada pembelajaran abad 21. Pembelajaran pada abad ini menuntut agar pembelajaran berpusat pada siswa sehingga siswa memiliki kecakapan berpikir dan belajar. Namun pada kenyataannya, kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama ini pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan keterampilan kolaborasi siswa. S…

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETER…

SUSI YANTI

Susi Yanti: Penerapan Model Project Based Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MAS Darul Ihsan Pembimbing I. Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si, Pembimbing II. Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si ABSTRAK Keterampilan peserta didik untuk menganalisis suatu permasalahan dalam melatih keterampilan berpikir kritis masih kurang terlatih. Oleh karena itu dilatih melalui model project based learning berbasis STEM agar dapat men…

PENGEMBANGAN LKPD DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR…

AINUR RIZKI

ABSTRAK Penggunaan bahan ajar seperti LKPD yang dikaitkan dengan sintak model pembelajaran menjadi acuan dan meningkatkan KBK peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas LKPD DL untuk meningkatkan KBK peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian dilakukan di SMA Islam Al-Falah dan SMA IT Al-Fityan dengan menggunakan metode reasearch and development (R&D) dengan desain model Borg dan Gall. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain…

PENERAPAN MODUL BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARDAN KETERAMPILAN…

SUWIDAH

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran melalui modul berbasis PBL dapat meningkatkan Hasil Belajar dan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode Eksperimen dengan Desain one-Group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu MAN 1 Kota Banda Aceh, MAN 2 Kota Banda Aceh dan MAN 3 Kota Banda Aceh, dengan sampel penelitian berjumlah 85 peserta …

  • Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya



    SERVICES DESK