Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR…

MEGA MAYSARI

ABSTRAK Mega Maysari. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 3 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah Bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. Model inkuiri merupakan model penyajian materi yang disediakan oleh guru, dan peserta didik ditugaskan untuk mencari serta mengumpulkan sendiri berbagai informasi yang diperlukan terkait materi yang dipe…

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR…

MUTIARA NABILA

Mutiara Nabila (2024). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar IPAS materi Sistem Tata Surya di kelas VI SDN Lamkunyet Aceh Besar. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Mislinawati, S.Pdi., M.Pd dan Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh Hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Selain permasalah hasil belajar, penggunaan metode dan media yang kurang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran juga menja…

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBERA…

TIARA AFRILINA

Proses kegiatan pembelajaran IPAS pada materi keberagaman kebudayaan Indonesia masih berfokuskan pada buku teks dan hafalan, kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran juga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang berada dibawah standar ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wordwall terhadap hasil belajar siswa materi keberagaman kebudayaan Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendek…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJ…

LAYYANA ALVIA HASIRA

ABSTRAK Layyana Alvia Hasira (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan di MAN 2 Bireuen. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., dan Yaumil Istiqlal M.Nur, S.Pd.I., M.Pd. Rendahnya hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada materi sistem pernapasan merupakan hal yang harus diperbaiki. Hasil belajar yang rendah tersebut dapat diperbaiki dengan menerapkan mod…

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR…

Rahmi

Kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami persepsi ruang sehingga kemampuan dasar geometri siswa, khususnya pada kemampuan menggambar bangun ruang menjadi rendah. Siswa menganggap permasalahan yang berkaitan dengan gambar sangat sulit, akibatnya hasil belajar siswa pada materi bangun ruang rendah, khususnya dalam menggambar bangun ruang. Penerapan model Discovery learning pada materi bangun ruang berbantuan GeoGebra merupakan salah satu…

PENGARUH PENGGUNAAN GAME BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA …

HILMAWATI

Pada proses pembelajaran materi Pancasila kegiatan masih terfokuskan pada buku dan hafalan tanpa adanya media pembelajaran interaktif yang dapat menunjang proses pembelajaran. Hal tersebut membuat peserta didik merasa jenuh dan bosan yang berdampak pada hasil belajar yang diperoleh peserta didik masih berada dibawah standar ketuntasan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Pengaruh penggunaan game berbasis wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi pancasila sebagai nilai kehidup…

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI FLASH BERBASIS EMBEDDED TES…

Intan Rahmadani

Penelitian ini mengangkat masalah tentang rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran animasi flash berbasis embedded test terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di SMA Insan Madani Meukek. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan design one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah…

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TA…

Ilyas Reski Aziz

Model pembelajaran yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran oleh guru memiliki potensi besar dalam membentuk hasil belajar siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah discovery learning.Discovery Learning merupakan proses pembelajaran dimana siswa secara aktif terlibat dalam menemukan dan memahami konsep-konsep baru melalui eksplorasi, pengamatan, dan percobaan langsung, dengan bimbingan guru sebagai fasilitator.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat …

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING MATERI …

Riskiara Afifah

Matematika dianggap salah satu materi yang sulit. Salah satu materi yang dianggap sulit yaitu bentuk aljabar, pada materi bentuk aljabar hasil belajar siswa masih tergolong rendah ini disebabkan karena pemahaman konsep dasar yang rendah, kurangnya minat belajar, dan ketidaktelitian dalam mengerjakan soal. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa …

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPS …

SITI RAHMA

Pada pembelajaran IPS, hasil belajar siswa masih tergolong rendah dikarenakan kurangnya keterlebitan siswa dalam proses belajar mengajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran IPS tema 8 subtema 1 pembelajaran 3. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 39 Kota Banda …




    SERVICES DESK