Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOD PADA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHA…

ADRIANSYAH

Adriansyah (2025). Pengaruh media pembelajaran berbasis nearpod pada materi bagian tubuh tumbuhan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri Lamkunyet.[Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Intan Safiah, S.Ag., M.Pd dan Ibu Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi memiliki peran strategis dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN…

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERINTEGRASI DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN DALA…

SALWA MUNIRAH

Salwa Munirah. (2025). Penggunaan Media Audio Visual Terintegrasi Dengan Pemanfaatan Lingkungan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas III SD Negeri Lamreung Aceh Besar. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Nurmasyitah, S.Pd., M.Ed., dan Dr. Intan Safiah S.Ag., M.Pd Pada proses pembelajaran siswa cenderung kurang mampu membangun pemahaman terkait lingkungan sekitar, hal ini terlihat dari rendahnya hasil belajar dan diperlukan peningkatan keakti…

PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP HASIL BEL…

RAFI ANSHARI

ABSTRAK Rafi Anshari. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensisi Pendidikan Pancasila Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Badar. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Ruslan, S.Pd., M.Ed., dan Ridayani, S.H., M.H. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan proses pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan, preferensi, dan kebutuhannya. Penelitian ini mempertimbangkan perbedaan gaya belajar siswa, sehingga diharapkan pembelajaran dapat lebih opti…

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSITED …

SIFA MAULIDA LINGE

Sifa Maulida Linge (2025). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Team Asissten Individually (TAI) dengan Cooverative Intergrated Reading and Compossition (CIRC) Pada Mata Pelajaran Goegrafi di SMA Negeri 1 Peukan Bada. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Fitriani Yulianti, S.P., S.Pd., M.Pd dan Dr. Syahrul Ridha, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran geografi di kelas XI SMA Negeri 1…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP …

Dwi Riszeki

Dwi Riszeki. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script berbanuan Brain Gym Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika [skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. Agus Wahyuni, M.Pd dan Drs. Abdul Hamid, M.Si. Penggunaan model pembelajaran dapat diterapkan dengan berbagai model serta metode yang mendukung permasalahan siswa, ditemukan bahwa minat siswa terhadap pembelajaran fisika masih rendah. Hal ini disebabkan karena konsentrasi siswa yang kurang…

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR…

MEGA MAYSARI

ABSTRAK Mega Maysari. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA Negeri 3 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah Bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd. dan Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si. Model inkuiri merupakan model penyajian materi yang disediakan oleh guru, dan peserta didik ditugaskan untuk mencari serta mengumpulkan sendiri berbagai informasi yang diperlukan terkait materi yang dipe…

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR…

MUTIARA NABILA

Mutiara Nabila (2024). Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis wordwall terhadap hasil belajar IPAS materi Sistem Tata Surya di kelas VI SDN Lamkunyet Aceh Besar. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Mislinawati, S.Pdi., M.Pd dan Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi oleh Hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Selain permasalah hasil belajar, penggunaan metode dan media yang kurang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran juga menja…

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI KEBERA…

TIARA AFRILINA

Proses kegiatan pembelajaran IPAS pada materi keberagaman kebudayaan Indonesia masih berfokuskan pada buku teks dan hafalan, kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran juga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang berada dibawah standar ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wordwall terhadap hasil belajar siswa materi keberagaman kebudayaan Indonesia kelas IV SD Negeri 1 Pagar Air Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendek…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJ…

LAYYANA ALVIA HASIRA

ABSTRAK Layyana Alvia Hasira (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pernapasan di MAN 2 Bireuen. [Skripsi, Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dewi Andayani, S.Pd., M.Pd., dan Yaumil Istiqlal M.Nur, S.Pd.I., M.Pd. Rendahnya hasil belajar siswa selama proses pembelajaran pada materi sistem pernapasan merupakan hal yang harus diperbaiki. Hasil belajar yang rendah tersebut dapat diperbaiki dengan menerapkan mod…

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP HASIL BELAJAR…

Rahmi

Kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami persepsi ruang sehingga kemampuan dasar geometri siswa, khususnya pada kemampuan menggambar bangun ruang menjadi rendah. Siswa menganggap permasalahan yang berkaitan dengan gambar sangat sulit, akibatnya hasil belajar siswa pada materi bangun ruang rendah, khususnya dalam menggambar bangun ruang. Penerapan model Discovery learning pada materi bangun ruang berbantuan GeoGebra merupakan salah satu…




    SERVICES DESK