Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

KEMAMPUAN PENALARAN SPASIAL SISWA SMP DI BANDA ACEH MELALUI ELPSA FRAMEWORK

NANDA RAHMATULWAHIDAH

Nanda Rahmatul Wahidah (2018). Kemampuan Penalaran Spasial Siswa SMP di Banda Aceh melalui ELPSA Framework Geometri merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam matematika. Akan tetapi, kenyataanya di lapangan kemampuan ini masih tergolong rendah yang disebabkan rendahnya kemampuan penalaran spasial siswa. Penerapan pembelajaran ELPSA framework merupakan salah satu solusi untuk mengembangkan kemampuan penalaran spasial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah unt…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI MTSN MODEL …

Nurhidayah

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI MTsN MODEL BANDA ACEH Kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah di Indonesia masih rendah. Siswa mengalami kesulitan menyelesaikan permasalahan. Hal ini disebabkan siswa belum mampu membuat bentuk baru dari suatu permasalahan, seperti memodelkan dan menafsirkannya. Pembelajaran melalui ELPSA diharapkan mampu menumbuhkan kemampuan representasi matematis siswa. Pembelajaran tersebut memuat lima komponen, yaitu pen…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya

PENERAPAN ELPSA FRAMEWORK BERBANTUAN GAME PADA MATERI EKSPONENSIAL TERHADAP S…

Devi Arhami Putri

Pembelajaran matematika masih menjadi permasalahan berbagai pihak. Berbagai temuan mengenai math anxiety (kecemasan matematika) menunjukkan, bahwa matematika masih menjadi momok bagi siswa. Siswa cenderung menghindari tugas-tugas matematika. Eksponensial adalah salah satu materi matematika yang fundamental, menjadi prasyarat materi lainnya. Namun, masih adanya kesalahan dalam pemamahaman konsep, serta kecerobohan dalam berhitung, membuat materi ini dirasa penting untuk diangkat dalam sebuah p…

  • FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA, Banda Aceh - 2019
  • Baca Selengkapnya

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERB…

LIZA RAHMAH

ABSTRAK Liza Rahmah. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Trigonometri melalui ELPSA Framework Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dibekalkan kepada siswa dalam pendidikan di Indonesia. Salah satu materi yang memerlukan kemampuan komunikasi adalah trigonometri, khususnya dalam memvisualisasi grafik fungsi trigonometri. Pembelajaran yang tidak mengarahkan siswa dalam mengkonstruk ide-ide yang…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2018
  • Baca Selengkapnya

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI ELPSA FRAMEWORK

Dessy Amalia

Salah satu kerangka pembelajaran baru dalam pembelajaran matematika adalah ELPSA framework. Disisi lain salah satu tujuan dari pembelajaran matematika menurut NCTM adalah agar siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis namun kemampuan ini pada siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswamelalui penerapan ELPSA framework. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjekpenelitian iniyaitusiswakelas VIII SMP IT Nurul Ishlah Band…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INTEGRAL MELALUI ELPSA FRAMEWORK BERBANTU…

Siti Hajar

Integral merupakan bagian dari konsep matematika yang masih sulit bagi siswa sehingga pemahaman matematis terhadap integral masih tergolong rendah. Integral perlu diawali dengan pengenalan dan penanaman konsep awal yang membantu siswa mengenal dan memahami integral secara bermakna. Pembelajaran integral yang bermakna diawali dengan pengenalan konsep awal integral yaitu jumlah Riemann sehingga dapat menyiapkan siswa untuk menyelesaikan permasalahan integral yang lebih menantang melalui pendeka…

  • Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh - 2017
  • Baca Selengkapnya

    SERVICES DESK