Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA FLASHCARD DI PAUD BUNGONG…
CHARRISA PUTRIA MUMPUNI
Charrisa Putria Mumpuni. (2025). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Flashcard di PAUD Bungong Tanjong. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Yuhasriati, M.Pd., dan Dina Amalia, S.Psi., M.Sc. Mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui media flashcard di PAUD Bungong Tanjong merupakan kegiatan untuk mengembangkan kemampuan kognitif pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal bilangan melalui media flashcard di PAUD Bungong…
- Fakultas KIP PG PAUD (S1), Banda Aceh - 2025
- Baca Selengkapnya
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PERMAINAN BUSY BOOK DI TK-I…
Mira Hidayat
Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan busy book di TK-IT Permata Sunnah Banda Aceh merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan busy book di TK-IT Permata Sunnah Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Dimana setiap siklus mencakup yaitu: perencanaan, pelaksanaan…
- Fakultas KIP, Banda Aceh - 2025
- Baca Selengkapnya
STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI DI TK KHA…
Rizki Hayani
Pendidikan agama dan moral perlu dikenalkan kepada anak sejak usia dini sebagai upaya untuk membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual dan sikap yang santun dalam berperilaku moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai agama dan moral anak usia dini di TK Khalifah Aceh 3 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adala…
- Fakultas KIP PG PAUD (S1), Banda Aceh - 2025
- Baca Selengkapnya
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MATERI PELUANG BER…
Tara Amaliana
Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah masih berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mecatat dan mengerjakan latihan yang diberikan guru. Akibatnya siswa kurang termotivasi dan kesulitan dalam mengaitkan konsep matematika dengan situasi dunia nyata. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang tergolong rendah, termasuk hasil belajar pada materi peluang. Discovery learningberbantuan wizer.memerupakan mod…
- Fakultas KIP Matematika, Banda Aceh - 2024
- Baca Selengkapnya
PENGARUH PEMANFAATAN E-MODUL TERHADAP KREATIVITAS DAAN KEMANDIRIAN SISWA PADA…
M. Rijal Rizki
M. Rijal Rizki (2025), Pengaruh Pemanfaatan E-Modul terhadap Kreativitas dan Kemandirian Siswa pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII SMP. Dibimbing oleh Dra. Yuhasriati, M.Pd., dan Dra. Tuti Zubaidah, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi siswa dalam memahami materi Bentuk Aljabar, serta kebutuhan untuk membekali siswa dengan keterampilan abad ke-21, khususnya kreativitas dan kemandirian. Materi Bentuk Aljabar merupakan salah satu konsep dasar matematika yang pent…
- Fakultas KIP Pendidikan Matematika, Banda Aceh - 2025
- Baca Selengkapnya
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBL…
Wulandari
Kemampuan untuk memecahkan masalah adalah pola pikir yang digunakan seseorang untuk mengatasi permasalahan dengan memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan. Saat ini diketahui bahwa masih banyak siswa yang belum dapat menyelesaikan soal permasalahan konteks dunia nyata. Kesalahan yang umumnya terjadi adalah kesalahan dalam memproleh informasi dari soal dan kesalahan dalam memilih prosedur penyelesaian, mengenai hal ini dapat diamati berdasarkan hasil tes dalam kelas yang belum sepenuhnya maks…
- Fakultas KIP Pendidikan Matematika, Banda Aceh - 2025
- Baca Selengkapnya
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 3 LHOKNGA BERDASARKAN…
Mutia Riski
ABSTRAK Mutia Riski. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 3 Lhoknga Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Suryawati, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Rendahnya kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika sering ditemukan dalam proses pembelajaran matematika. salah satu kerangka yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matemat…
- Fakultas KIP Pendidikan Matematika, Banda Aceh - 2025
- Baca Selengkapnya
PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN MAZE DI…
DARA SUSTIRA
Dara Sustira. (2024). Pengembangan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia Dini melalui Bermain Maze di TK Negeri 6 Sabang. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Yuhasriati M.Pd., dan Gracia Mandira S.Pd., M.Ed. Pengembangan kecerdasan visual spasial anak usia dini melalui bermain maze di TK Negeri 6 Sabang merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan visual spasial anak melalui berm…
- Fakultas KIP PG PAUD (S1), Banda Aceh - 2025
- Baca Selengkapnya
PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATISRNMELALUI MODEL PEMBELAJARAN THIN…
Zakia Alifa
Salah satu rendahnya daya serap siswa dipengaruhi beberapa faktor salah satunya kesalahan dalam mempresentasikan pemahaman dan pengetahuannya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis adalah model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran Think Talk Write pada materi Pythagoras di kelas VIII SMPN 2 Sigli. Penelitian ini menggun…
- Fakultas FKIP, Banda Aceh - 2025
- Baca Selengkapnya
PENGGUNAAN MEDIA TOKEN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA…
NADHILA GEUBRINA MULIA
Nadhila Geubrina Mulia (2024). Penggunaan Media Token Ekonomi dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al-Yaqin Aceh Besar. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dra. Yuhasriati, M.Pd. dan Siti Naila Fauzia, S.Pd., M.Pd. Disiplin merupakan bentuk taat terhadap segala peraturan yang ada. Idealnya anak usia 5-6 tahun sudah harus diajarkan mengenai perilaku yang mencerminkan sikap disiplin dalam menaati aturan sehari-hari dan bersikap sabar. Adapun medi…
- Fakultas KIP PG PAUD (S1), Banda Aceh - 2024
- Baca Selengkapnya