Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENERAPAN MEDIA EXPLOSION BOX UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA …
EKA DEVIANA
Penelitian ini berjudul Penerapan Media explosion box Untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah SMA Negeri 12 Banda Aceh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas X IIS dengan media explosion box. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskritif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 2 yang berjumlah 1…
- Fakultas FKIP, Banda Aceh - 2022
- Baca Selengkapnya
PERSEPSI MASYARAKAT KECAMATAN TRUMON TERHADAP SITUS CAGAR BUDAYA BENTENG TRUM…
ISA NURULLAH
Penelitian ini berjudul Persepsi Masyarakat Kecamatan Trumon Terhadap Situs Cagar Budaya Benteng Trumon (Kuta Batee), penelittian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kecamatan Trumon terhadap situs cagar budaya Benteng Trumon (Kuta Batee), dan Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat Kecamatan Trumon terhadap situs cagar budaya Benteng Trumon (Kuta Batee). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Sampel y…
- Fakultas KIP Pendidikan Sejarah, Banda Aceh - 2024
- Baca Selengkapnya
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INTRUDUCTION (PBI) …
ROZA MELYATUL JANNAH
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Intruduction di kelas XI SMA Negeri 1 Montasik, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model Problem Based Intruduction (PBI) terhadap hasil belajar SMA siswa kelas XI di SMa Negeri 1 Montasik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-experimental design, berbentuk one group pretest posttest design yang mana hanya terdapat satu kelompok. Adapun yang menjadi populasi pada peneliti…
- Fakultas KIP, Banda Aceh - 2024
- Baca Selengkapnya
PENERAPAN MEDIA MENTIMETER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA …
NABILLA TIFANI
Motivasi belajar yang tinggi adalah kunci keberhasilan dalam pembelajaran di era pendidikan modern. Penggunaan teknologi interaktif seperti Mentimeter menarik perhatian sebagai alat untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi (1) penerapan media Mentimeter dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal, dan (2) apakah media Mentimeter dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal. Penelitian ini me…
- , Banda Aceh - 2024
- Baca Selengkapnya
PENGARUH MODEL SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MA…
MUHAMMAD ALFIE SYAHRIE
ABSTRAK Muhammad Alfie Syahrie (2024), Pengaruh Model Small Group Discussion Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Is Di Sma Negeri 5 Banda Aceh. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Bibawah Bimbingan Drs. Mawardi, M.Hum., MA., dan Muhammad Haikal, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Small Group Discussion Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas Xi Is Di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Kurangnya kreativitas dan ino…
- Fakultas KIP Pendidikan Sejarah, Banda Aceh - 2024
- Baca Selengkapnya
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA FLA…
Mei Susi
ABSTRAK Mei Susi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah Bimbingan Drs. Teuku Kusnafizal, M.Pd., dan Muhammad Haikal, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini berjudul pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh, permasalahan dalam pene…
- , Banda Aceh -
- Baca Selengkapnya
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSON BERBASIS PENDEKATAN …
Muhammad Afdar
ABSTRAK Muhammad Afdar. (2024). Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Peer Lesson Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Bertanya Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Peudada Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bertanya peserta didik dengan penggunaan strategi pembelajaran peer lesson berbasis pendekatan saintifik dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Peudada. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif …
- Fakultas FKIP, Banda Aceh - 2024
- Baca Selengkapnya
PERKEMBANGAN DAYAH TERPADU DARUL ABRAR KABUPATEN ACEH JAYA 2000-2023
Selli Nuri Putri
Penelitian Skripsi ini berjudul “Perkembangan Dayah Terpadu Darul Abrar Kabupaten Aceh Jaya (2000-2023)”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Apa yang melatarbelakangi berdirinya Dayah terpadu Darul Abrar Kabupaten Aceh Jaya (2000-2023); (2) Mengetahui bagaimana perkembangan pendidikan dan sarana prasarana Dayah Terpadu Darul Abrar Kabupaten Aceh Jaya (2000-2023) dan (3) Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan Dayah Terpadu Darul Abrar Gampong Kabupaten Aceh J…
- Fakultas KIP Pendidikan Sejarah, Banda Aceh - 2024
- Baca Selengkapnya
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP …
Fitry oktarina
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan yaitu siswa tidak berani menjawab dan mengajukan pertanyaan, kemudian tidak berani memberikan pendapat ketika diskusi, dan siswa tidak mencatat penjelasan guru serta hasil diskusi, dan beberapa siswa kurangnya berpartisipasi dalam memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru sehingga proses belajar mengajar kurang maksimal sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick Berbantuan …
- Fakultas KIP Pendidikan Sejarah, Banda Aceh - 2023
- Baca Selengkapnya
PENERAPAN MEDIA BOOKLET DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KEL…
Linda Kurnia
ABSTRAK Linda Kurnia (2023). Penerapan Media Booklet Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI ISOS di SMA Negeri 2 Sinabang. Media booklet adalah sebuah buku kecil yang memiliki paling sedikit lima halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman di luar hitungan sampul. Booklet bersifat informatif, desainya yang menarik dapat menimbulkan rasa ingin tahu, sehingga peserta didik bisa memahami dengan mudah apa yang disampaikan dalam proses pembelajaran, sehingga mendorong mening…
- Fakultas KIP Pendidikan Sejarah, Banda Aceh - 2023
- Baca Selengkapnya