Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATI…

Liuza

Liuza. (2024). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe STAD Berbantuan Comic Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh. [Skripsi Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Drs. Anwar, M.Pd., dan Dr. Khairul Umam, S.Si., M.A.EdSc. Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki oleh siswa pada pembelajaran matematika. Kenyataanya menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan matematis siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Oleh kare…

ANTUSIASME SISWA TERHADAP VIDEO DENGAN KONTEKS STUNTING BERBANTUAN AUGMENTED …

Rifo Faldano

Rifo Faldano (2024). Antusiasme Siswa terhadap Video dengan Konteks Stunting Berbantuan Augmented reality pada Materi Statistika. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Suhartati, S.Pd., M.Pd. dan Cut Khairunnisak, S.Pd., M.Sc. Siswa masih kurang antusias dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan antusiasme siswa adalah menerapkan video, konteks stunting, dan teknologi Augmented reality dikarenakan hal tersebut m…

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP MATERI PELUANG BER…

Tara Amaliana

Proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan di sekolah masih berpusat pada guru, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru dan siswa hanya mendengar, mecatat dan mengerjakan latihan yang diberikan guru. Akibatnya siswa kurang termotivasi dan kesulitan dalam mengaitkan konsep matematika dengan situasi dunia nyata. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang tergolong rendah, termasuk hasil belajar pada materi peluang. Discovery learningberbantuan wizer.memerupakan mod…

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ALJABAR …

Zian Hasina

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL) pada materi aljabar di kelas VII-1 MTsN 9 Bireuen dapat mencapai KKTP. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, sebagian siswa belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetapkan yaitu 75. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan bentuk penelitian adalah pre-experimental design den…

MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK UNTUK MENGENAL BILANGAN MELALUI PERMAINAN CONGKLA…

CUT PUTRI SAFIRA

ABSTRAK Cut Putri Safira (2023). Meningkatkan Kemampuan Anak untuk Mengenal Bilangan melalui Permainan Congklak di TK Negeri Al-Abrar Pidie Jaya. [Skripsi., Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Israwati, M.Si, dan Dra. Yuhasriati, M.Pd Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Kemampuan Anak untuk Mengenal Bilangan melalui Permainan Congklak di TK Negeri Al-Abrar Pidie Jaya” ini mengangkat masalah bagaimana meningkatkan kemampuan anak untuk mengenal bilangan melalui permai…

MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI MELALUI BAHAN ALAM DI PAU…

Nura

ABSTRAK Nura (2024) Meningkatkan Kecerdasan Naturalistik Anak Usia Dini melalui Bahan Alam di PAUD Permata Ibu Gampong Lambiheu Siem Darussalam Aceh Besar.[Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Rosmiati, S.Pd.I., M.Ed. dan Siti Naila Fauzia, S.Pd., M.Pd. Kecerdasan naturalistik merupakan salah satu kecerdasan yang penting dikembangkan terutama pada anak usia dini. Kecerdasan naturalistik merupakan kemampuan anak untuk memahami tentang alam, mengenal dan mengelompokkan se…

UPAYA GURU DALAM MENGENALKAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK USIA DINI DI TKIT BAIT…

HUSNATUL MUNAWARAH

ABSTRAK Husnatul Munawarah. (2024). Upaya Guru dalam Mengenalkan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini di TKIT Baitusshalihin Ulee Kareng Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Suhartati, S.Pd., M.Pd., dan Dina Amalia, S.Psi., M.Sc. Mengenal konsep bilangan merupakan salah satu bagian dari aspek kognitif anak usia dini. konsep bilangan salah satu konsep matematika yang paling penting dipelajari karena berkaitan dengan kehidupan sehari-hari anak. tujuan dari peneliti…

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEAR…

AZZAH NURUL AIDA

Azzah Nurul Aida. 2024. Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar melalui Model Problem Based Learning di Kelas VII MTsN 1 Aceh Tengah. Skripsi. Universitas Syiah Kuala. Dibawah bimbingan Dra. Bintang Zaura, M.Pd., dan Dra. Ellianti, M.Pd Guru harus menggunakan berbagai metode untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Beberapa siswa masih memperoleh nilai akhir ujian matematika di bawah kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran KKTP yang telah ditentukan guru. Salah satu faktor keberhasilan …

PENGGUNAAN MEDIA PAPAN HURUF UNTUK MENGENALKAN KOSAKATA ANAK USIA DINI DI TK …

Nurul Shahira

Mengenal kosakata merupakan salah satu perkembangan yang penting dikembangkan pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kosakata anak dengan menggunakan media papan huruf di TK Putra I Lam Bheu Aceh Besar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana mengenalkan kosakata pada anak usia dini melalui penggunaan media papan huruf di TK Putra I Lam Bheu Aceh Besar. Kemampuan mengenal kosakata yang dimaksud pada penelitian ini adalah menyebutkan kelompok gambar y…

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN BUNGA HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK USIA DINI

DEVANIA SHABRINA FAIHA

ABSTRAK Devania Shabrina Faiha (2024). Pengembangan Media Papan Bunga Huruf Hijaiyah untuk Anak Usia Dini. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Suhartati, S.Pd., M.Pd., dan Rahmi, S.Pd.I, M.Ed. Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran anak usia dini, termasuk dalam upaya mengenalkan huruf hijaiyah pada anak. Saat ini ketersediaan media pembelajaran dalam mengenalkan huruf hijaiyah untuk anak usia dini masih sangat terbatas, sehingga peneliti tertarik …




    SERVICES DESK