Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



IMPLEMENTASI LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DA…

LISNALIANI

Sekolah Dasar Negeri 1 Paya Dapur telah melaksanakan Literasi sekolah oleh semua kelas dari kelas rendah maupun kelas tinggi salah satunya kelas IV dalam meningkatkan minat baca siswanya. Sekolah ini juga terdapat pojok kelas baca atau Library Corner serta lingkungan yang kaya akan literasi, juga memiliki perpustakaan yang representatif serta memotivasi agar anak tidak hanya terpaku membaca buku teks pelajaran, melainkan membaca buku non teks pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Men…

PERAN GURU DALAM EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SD N 53 KOTA BANDA…

Nofria Reza

Tujuan penelitian ini lakukan untuk mengetahui apakah peran guru berpengaruh pada efektifitas pembelajaran sekolah inklusi di SD N 53 Banda Aceh. Sekolah inklusi yang menerima siswa normal dan anak berkebutuhan dalam satu sekolah dan digabungkan dalam satu kelas yang sama. Oleh karena itu guru akan memiliki peran tambahan di dalam kelas yang mana pada sekolah inklusi mencampurkan anak berkebutuhan khusus dengan anak reguler didalam satu kelas. Peneliti berupaya untuk mengungkapkan bagian pera…

PENGGUNAAN MEDIA KOMBINASI VIDEO DAN TORSO MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL B…

MUTYA AINI

Penelitian ini berjudul Penggunaan Media Kombinasi Video dan Torso Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Organ Gerak Manusia di SDN 30 Banda Aceh. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi organ gerak manusia, hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran berlangsung guru hanya menggunakan metode ceramah dan teksbook. Maka dari itu, diperlukan penggunaan media pembelajaran yang tepat seperti kombinasi video d…

PERBANDINGAN PENGARUH MODEL TIPE STAD DAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PA…

Maisundari Ruhaida

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih rendahnya hasil belajar matematika siswa di SD Negeri 27 Banda Aceh. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan model konvensional yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah dan belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD dengan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi d…

PENERAPAN MODEL TGT BERBASIS MEDIA PAPAN MUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJA…

REJEKI AMALIA

Pada hakikatnya matematika bersifat abstrak sementara siswa SD secara ilmiah berfikir secara konkrit. Hal ini menjadikan pembelajaran matematika di sekolah sangat rentan terjadi kesulitan sehingga membuat siswa menjadi bosan dan jenuh. Salah satu solusinya adalah dengan memberikan model dan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Selain itu, model dan media pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas be…

PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA MATE…

Evita Bilgis

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model Group Investigation terhadap hasil belajar IPS siswa pada materi manusia dan lingkungan alam kelas V SDN Lamsayuen Aceh besar. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Pre-Experimental Designs dengan One group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di SDN Lamsayuen Aceh besar di Jl. Soekarno Hatta, Meunasah Manyet, Kecamatan ingin Jaya, Kabup…

KOMPETENSI GURU DALAM MENGEMBANGKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) DE…

NURUL LIANA

Nurul Liana (2022). Kompetensi Guru dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Tuntutan Abad 21 di SD Negeri 24 Banda Aceh. Menghadapi abad 21 menjadi tantangan guru dalam melakukan perubahan paradigma belajar dimana proses belajar berpusat pada peserta didik. Peningkatan kreativitas, karakter, dan literasi serta penggunaan teknologi menjadi tantangan guru bagaimana merancang RPP yang mengembangkan keterampilan 4C, PPK, Literasi,ICT dan HOTS dalam komponen RPP. Komp…

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING…

NADHYLA LAILY ISRAIN

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses dan hasil dari pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) materi bangun ruang kelas V SD Negeri Banda Aceh yang memenuhi kriteria valid, praktis dan praktikalitas. Metode penelitian yang digunakan adalah Reaserch and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang meliputi : 1) Fase Investigasi Awal, 2) Fase Desain, 3) Fase Realisasi, 4) Fase Tes, Evaluasi dan Revisi dan 5) Fase Imp…

PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAHRN(MBS) UNTUK MENINGKAT…

Sardina Waty

ABSTRAK Waty, Sardina. 2022. Peran Kepala Sekolah Dalam Manajamen Berbasis Sekolah (MBS) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SD Negeri 1 Mata Ie Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dr. Drs. Sulaiman, M.Si (2) Nurmasyitah, S.Pd, M.Ed Kata Kunci : Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Profesionalisme Guru Adapun latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak gu…

PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMIC COVID-19RNDI S…

CUT RATNA KEMALA SARI

Persepsi siswa merupakan sudut pandang dan pemahaman siswa terhadap materi ataupun informasi yang diterima oleh siswa ketika kegiatan belajar berlangsung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran online pada masa pandemic covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 4 Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat siswa terhadap pembelajaran online pada masa pandemic covid-19 di Sekolah Dasar Negeri 4 kota Banda A…




    SERVICES DESK