Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN …

Maghfirah

Pembelajaran pada materi pecahan sering kali dianggap sulit oleh siswa karena sifatnya yang abstrak, sehingga diperlukan pendekatan yang dapat mengakomodasi keragaman kemampuan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berdiferensiasi pada materi pecahan untuk siswa SMP kelas VII yang valid, dengan fokus pada menumbuhkan kemampuan representasi matematis siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi modul ajar (dilengkapi dengan lampiran Hypothetical…

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN RME UNTUK …

MUHAMMAD NIZAM

ABSTRAK Muhammad Nizam (2025) Validitas Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Pendekatan RME untuk Menumbuhkan Kreativitas pada Materi Bentuk Aljabar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Di bawah bimbingan Prof. Dr. Rahmah Johar, M.Pd., dan Cut Khairunnisak, S.Pd., M.Sc.‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬‬ Penelitian ini bertujuan untuk me…

PENGEMBANGAN SOAL NUMERASI DENGAN KONTEKS RNMENGOLAH MAKANAN RENDAH JEJAK KAR…

Habibi

Faktor utama penyebab terjadinya pemanasan global adalah peningkatan emisi karbon global. Upaya pencegahan pemanasan global dapat dilakukan dengan merancang soal numerasi dalam konteks pengolahan pangan dengan jejak karbon rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh soal numerasi dalam konteks pengolahan pangan dengan jejak karbon rendah bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang memenuhi kriteria valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dibatasi …

UKURAN MINIMUM SAMPEL DAN ANALISIS PATH MODEL HUBUNGAN MATHEMATICS TEACHER BE…

Mutia Fariha

Pemodelan dalam matematika adalah suatu usaha untuk menyederhanakan permasalahan nyata dari variabel yang memiliki keterhubungan. Salah satu teknik analisis data yang menggunakan pemodelan adalah Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). PLS-SEM disebut sebagai pemodelan kausal prediktif yang menjelaskan hubungan antar variabel dalam bentuk diagram jalur (path model). Jalur dalam pemodelan PLS-SEM menghubungkan variabel dengan didasarkan pada teori yang ada. Salah satu ma…

  • Fakultas Pasca Sarjana / Prodi Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (S3), Banda Aceh - 2025
  • Baca Selengkapnya

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PJBL DENGAN KONTEKS KONSERVASI LEBAH UN…

Sri Intan Lina

Kemampuan numerasi merupakan keterampilan penting yang memungkinkan siswa memahami dan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kemampuan numerasi siswa masih perlu ditingkatkan, begitu pula pemahaman mereka tentang peran lebah dalam ekosistem. Model Project-Based Learning (PjBL) dengan konteks konservasi lebah dirancang untuk mengintegrasikan pembelajaran matematika dengan kesadaran lingkungan secara kontekstual dan kolaboratif. Pendekatan ini diharapkan berkontribusi…

KEMAMPUAN NOTICING MAHASISWA TERHADAP PROSES BERPIKIR MATEMATIS SISWA PADA MA…

Dwi Rizka Febryani

Noticing merupakan kemampuan guru untuk mengamati, menginterpretasikan, dan membangun interaksi dengan siswa dalam proses pembelajaran. Kemampuan noticing dibutuhkan guru, sehingga mahasiswa calon guru perlu meningkatkan kemampuan tersebut. Faktor penting yang perlu diperhatikan dalam peningkatan kemampuan noticing mahasiswa calon guru adalah pedagogical knowledge dan content knowledge. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan dan peningkatan rata-rata kemampuan noticing mahasisw…

PENGARUH KETERLIBATAN TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA MELALUI MODEL PJBL DE…

Intan Maulita

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh keterlibatan terhadap kemampuan numerasi siswa melalui model PjBL dengan konteks emisi karbon di SMP. Kemampuan numerasi merupakan keterampilan penting dalam memahami dan menerapkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan pemahaman numerasi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mixed meth…

KETERLIBATAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJA…

Nisrina Dwi Putri

Keterlibatan dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa merupakan faktor penting terhadap keberhasilan pembelajaran matematika. Namun, keterlibatan dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di Indonesia masih dalam kategori yang relatif rendah. Salah satu upaya yang memungkinkan dapat meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yaitu melalui pembelajaran berdiferensiasi berbasis RME. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterlibatan sis…

REFLEKSI DIRI GURU TERHADAP PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN NOTICING F…

Fakhriatul Faizah

Proses berpikir siswa dalam pembelajaran matematika tidak selalu terlihat secara langsung, sehingga noticing sebagai kemampuan guru dalam mengamati dan memahami pemikiran siswa menjadi aspek yang penting. Noticing framework digunakan sebagai alat refleksi untuk membantu guru mengidentifikasi pola berpikir siswa dan menyesuaikan strategi pembelajaran yang lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis refleksi diri guru terhadap pembelajaran pola bilangan dengan menggunakan noticin…

REFLEKSI GURU TERHADAP PROSES BERPIKIR SISWA SELAMA PEMBELAJARAN PECAHAN MENG…

ZAHRA SALSABILLA

Penerapan noticing framework dalam pembelajaran matematika dapat membantu guru dalam memahami proses berpikir siswa dan merancang respons yang lebih tepat sesuai kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan refleksi guru terhadap proses berpikir siswa selama pembelajaran pecahan menggunakan noticing framework di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian autoetnografi. Subjek penelitian adalah peneliti sendiri …




    SERVICES DESK