Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL SISTEM PERSA…

Syifa Maharani

Kesalahan dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) sering kali terjadi dalam proses pembelajaran, terlebih lagi pada masalah yang terintegrasi kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual SPLTV kelas XI SMK Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMK Negeri 1 Bireuen dengan teknik pengambilan sampel yaitu Purpos…

SCAFFOLDING GURU TERHADAP SISWA DALAM MENYELESAIKAN OLIMPIADE MATEMATIKA PADA…

Sidratun Nisa

Sidratun Nisa. (2024). Scaffolding Guru terhadap Siswa dalam Menyelesaikan Olimpiade Matematika pada Materi Statistika dengan Konteks Stunting berbantuan Augmented Reality [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Drs. R.M. Bambang S, M. Pd dan Dr. Cut Morina Zubainur, S. Pd., M. Pd. Olimpiade matematika merupakan kompetisi tingkat tinggi yang dirancang untuk menantang kemampuan siswa dengan kemampuan di atas rata-rata, dengan penekanan pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SSCS PADA MATERI STATISTIKA DI SMPN 1 BAITUSSALAM

Hafizah

ABSTRAK Hafizah (2024). Penerapan Model Pembelajaran SSCS pada Materi Statistika di SMPN 1 Baitussalam. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Di bawah bimbingan Drs. R. M. Bambang S, M.Pd. dan Dr. Dwi Fadhliani, S.Pd., M.Mat. Hasil belajar siswa yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan fenomena yang ditemukan oleh banyak guru. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami materi dan belum diterapkannya model pembelajaran yang tepat oleh guru. Salah satu alte…

PERSEPSI GURU MATEMATIKA TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGER…

Inas Maghfira

Inas Maghfira. (2024). Persepsi Guru Matematika terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 3 Montasik. [Skripsi. Univertas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Cut Morina Zubainur, S.Pd., M.Pd. dan Dewi Annisa S.Pd., M.Pd. Persepsi guru penting untuk diperhatikan karena guru adalah salah satu faktor penting atau pelaksana pada implementasi kurikulum merdeka. Informasi mengenai persepsi guru matematika di SMP Negeri 3 Montasik masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk …

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA…

Hayatun

ABSTRAK Hayatun. (2024). Ketuntasan belajar siswa melalui model discovery learning pada materi teorema phytagoras di kelas VIII SMP N 13 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Suhartati, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Elizar S.Pd., M.Ed. (MT). Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh proses belajar yang masih berpusat pada pendidik dan peserta didik kurang antusias dalam pembelajaran matematika. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada matem…

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKAS…

Nurul Khotimah

ABSTRAK Nurul Khotimah (2024). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV Kelas VIII SMP Negeri 13 Banda Aceh Beberapa aspek kemampuan pada matematika yang penting untuk dikuasi siswa pada abad 21 salah satunya yaitu kemampuan komunikasi matematis. Kenyataan menunjukkan bahwasanya kemampuan komunikasi matematis siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif dalam memilih model pembelajaran, sa…

PENERAPAN MODEL IMPROVE TERHADAP RNKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA …

Farah Fadhilla Mahfud

Salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikuasi dalam bidang matematika adalah kemampuan berpikir kritis. Namun faktanya, kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilakukan tidak dapat melibatkan siswa secara aktif dan hanya berfokus pada menghafal materi tanpa pemahaman konsep. Penerapan model pembelajaran yang aktif penting diterapkan. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran IMPROVE atau Introducing the new conc…

PEMBELAJARAN PROGRAM LINEAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI …

Nafarida Putri

Progam linear merupakan salah satu materi matematika yang terkait dengan penyelesaikan permasalahan yang batas-batasnya berbentuk pertidaksamaan linear. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru SMA Negeri 1 Meukek diperoleh informasi bahwa peserta didik mengalami kesulitan untuk memahami materi program linear yang disampaikan oleh guru. Hal ini disebabkan pada pelaksanaan pembelajaran guru masih menggunakan pendekatan berfokus pada buku dan proses transfer ilmu pengetahuan masih didomina…

KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING …

Nisrina Dwi Putri

Kemampuan pemahaman matematis merupakan dasar yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran dan untuk menyelesaikan masalah matematika. Namun, pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki kemampuan pemahaman matematis yang baik. Banyak siswa belum bisa memilih prosedur atau operasi yang sesuai dalam menyelesaikan soal, siswa belum bisa mengaplikasikan konsep yang telah diajarkan jika diberikan soal cerita, siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang modelnya sedikit berbeda …

PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA …

Siti Hajar Fikraini

Kemampuan memecahkan masalah matematika melibatkan serangkaian langkah untuk mengatasi tantangan matematika kompleks yang tidak dapat diatasi melalui metode umum atau solusi konvensional. Dalam mengembangkan keterampilan ini, siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik secara kognitif maupun emosional. Secara emosional, disposisi matematis siswa yang melibatkan rasa percaya diri, rasa ingin tahu yang tinggi, dan ketekunan dalam menyelesaikan masalah matematika memegang peranan yang sangat pe…




    SERVICES DESK